Sederet Hal Penting Tentang CT Scan Kepala, dari Manfaat hingga Biaya

| 17 Jun 2024 08:30
Sederet Hal Penting Tentang CT Scan Kepala, dari Manfaat hingga Biaya
Ilustrasi CT Scan. (Foto: Pixabay)

ERA.idCT scan kepala adalah tindakan pemeriksaan medis yang umumnya direkomendasikan oleh dokter untuk memastikan gambar tulang dan jaringan lunak pada bagian kepala. Namun, banyak orang yang masih ragu mengikuti rangkaian tes CT scan kepala sebab khawatir dengan biaya yang mahal. Sebenarnya, berapa biaya CT scan kepala? Nah, simak ulasannya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud CT scan kepala?

Melansir Healthline, CT scan kepala merupakan salah satu prosedur tes pencitraan pada bagian dalam kepala yang digunakan untuk mendiagnosis kondisi yang sebelumnya ditandai dengan cedera atau luka di kepala.

Selain itu, CT scan kepala juga berguna untuk memantau prosedur medis tertentu, misalnya operasi, biopsi, ataupun terapi radiasi pada penderita kanker otak.

Cara kerja CT scan atau Computerized Tomography Scan yaitu dengan menggunakan bantuan sinar X (X-ray) dan sistem komputerisasi khusus untuk mendapatkan serangkaian gambar yang lebih detail dari setiap sudut berbeda. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan CT scan jika dibandingkan dengan foto rontgen.

Ilustrasi hasil CT Scan Kepala. (Pixabay)

Manfaat CT scan kepala

Dengan CT scan kepala, kita bisa mendeteksi serta memastikan sejumlah kondisi pada bagian kepala, termasuk tulang tengkorak, cairan otak, pembuluh darah, hingga batang otak.

Dokter juga akan menyarankan pemeriksaan CT scan kepala untuk memahami atau mendiagnosis gangguan pada otak dan kepala, sebagai contoh:

  • Cacat lahir
  • Perdarahan otak
  • Infeksi atau pembengkakan
  • Kelainan atau patah tulang tengkorak
  • Stroke
  • Tumor otak
  • Aneurisma otak
  • Penumpukan cairan otak (hydrocephalus)

Selain CT scan kepala, metode CT scan ini juga dapat dipergunakan untuk mendapat gambaran mendalam pada area dada, rongga perut dan panggul, serta tulang belakang.

Prosedur CT scan kepala

Prosedur CT scan kepala dijalankan dengan cara berbaring di atas tempat pemindaian. Anda akan masuk ke dalam mesin yang berupa lingkaran besar yang membuat Anda merasa seperti masuk ke dalam terowongan kapsul.

Selama proses CT scan kepala dilakukan, Anda akan diminta untuk tidak bergerak. Hal ini dilakukan untuk membantu mendapatkan hasil gambar CT scan yang akurat dan jelas.

Hasil CT scan kepala normal dan tidak normal dapat dilihat dari gambar yang didapatkan. Hasil pemeriksaan pada umumnya akan keluar dalam waktu 1-2 hari kerja setelah CT scan kepala selesai dijalani.

Hasil CT scan kepala disebut normal, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tidak ditemukan adanya benda asing yang tumbuh atau tinggal di dalam kepala
  • Ukuran, bentuk, posisi otak, pembuluh darah, tengkorak, dan wajah bersifat normal
  • Tidak ada perdarahan atau kelainan pada bagian kepala

Metode CT scan kepala biasanya hanya menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit dan tidak menyebabkan rasa sakit sama sekali. Agar pemeriksaan bisa berjalan lancar, Anda hanya diminta bersikap rileks dan menjalani arahan dari petugas medis.

Berapa biaya CT scan kepala?

Biaya CT scan kepala biasanya berkisar antara Rp600.000-Rp1.200.000. Namun, biaya CT scan kepala dapat berbeda-beda, tergantung dari teknologi alat CT scan yang digunakan dan juga klinik atau rumah sakit yang dipilih.

Demikianlah ulasan tentang apa itu CT scan kepala, prosedur, dan biaya ct scan kepala yang ditentukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi