Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga Jalan Kaki? Coba Lakukan pada Saat-saat Ini

| 25 Jun 2024 22:00
Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga Jalan Kaki? Coba Lakukan pada Saat-saat Ini
Kapan waktu terbaik untuk olahraga jalan kaki? (Freepik-Nensuria)

ERA.id - Jalan kaki menjadi salah satu olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan siapa pun. Namun, tidak semua jalan kaki disebut sebagai olahraga. Lantas, kapan waktu terbaik untuk olahraga jalan kaki?

Terkait masalah waktu pelaksanaan hingga durasi jalan kaki juga dapat menjadi hal yang menentukan apakah hal tersebut disebut sebagai olahraga atau hanya sekadar jalan biasa.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan olahraga jalan kaki.

Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga Jalan Kaki?

Pada dasarnya, waktu yang tepat untuk olahraga jalan kaki tidak hanya dilakukan pada satu waktu saja.

Ada saat-saat tertentu yang ternyata bisa Anda gunakan untuk olahraga jalan kaki. Di bawah ini adalah beberapa waktu yang bisa Anda pilih untuk melakukan olahraga ini:

Ilustrasi olahraga jalan kaki. (Foto: Pixabay/Ray_Shrewsberry)

Jalan pagi

Dilansir dari Runstreet, jalan kaki di pagi hari memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Jalan pagi dapat membantu Anda membentuk kebiasaan olahraga sehat sehingga Anda akan menghasilkan energi dan dorongan mental untuk mengawali hari.

Jalan kaki di pagi hari juga akan membantu Anda lebih fokus sepanjang hari.

Pagi hari juga menjadi waktu terbaik agar Anda terhindar dari panas dan kemungkinan besar mempunyai kualitas udara terbaik.

Bagi Anda yang tinggal di daerah beriklim panas atau tempat yang memiliki kualitas udara yang kurang baik, pagi hari merupakan waktu terbaik untuk melakukan olahraga jalan kaki.

Jalan kaki di siang hari

Berjalan-jalan di tengah hari juga menjadi cara lain untuk mencapai target langkah harian Anda dan menerima manfaat kesehatan dari olahraga ini.

Jalan-jalan saat makan siang akan memberikan tambahan energi bagi Anda. Selain itu, berjalan kaki juga dapat melancarkan aliran darah ke otak, dan menajamkan fokus saat kembali bekerja.

Jalan kaki di tengah hari menjadi cara terbaik untuk melawan dampak negatif dari duduk dan gaya hidup yang membuat Anda tidak banyak bergerak.

Bagi Anda yang bekerja di kantor atau bekerja dari rumah, jalan kaki di siang hari akan menyehatkan Anda dengan membiarkan tubuh bergerak selama hari kerja.

Jalan kaki malam hari

Beberapa orang beranggapan, olahraga malam merupakan waktu paling nyaman untuk berolahraga. Jalan-jalan sore diyakini membantu melawan efek stres di siang hari dan mengurangi kebiasaan ngemil di malam hari.

Jalan-jalan sore secara teratur juga akan membantu Anda memiliki tidur lebih nyenyak.

Dilansir dari Live Well Dorset, jalan-jalan sore bisa membakar lebih banyak kalori sebab tubuh akan mengeluarkan lebih banyak energi saat berolahraga setelah makan.

Jalan kaki di sore hari juga akan membantu Anda mencegah makan berlebihan di malam hari dan menurunkan kadar gula darah setelah makan malam.

Namun hal yang harus diingat, waktu yang tepat untuk olahraga jalan kaki disesuaikan pada kebutuhan pribadi dan gaya hidup seseorang.

Ada orang-orang yang mungkin merasa lebih mudah untuk menjalani rutinitas pagi, sedangkan yang lain lebih memilih jalan-jalan sore setelah makan malam.

Itulah penjelasan tentang kapan waktu terbaik untuk olahraga jalan kaki. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi