Olahraga Memperpanjang Umur? Begini Fakta dan Tips Memulainya

| 25 Apr 2024 08:01
Olahraga Memperpanjang Umur? Begini Fakta dan Tips Memulainya
Olahraga memperpanjang umur (unsplash)

ERA.id - Banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya memperpanjang umur. Lantas apakah ada olahraga memperpanjang umur?

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang hubungan antara olahraga dan umur panjang, serta jenis-jenis olahraga yang direkomendasikan untuk Anda agar hidup menjadi lebih berkualitas.

Fakta Olahraga Memperpanjang Umur

Menurut sebuah studi yang ditulis bersama oleh Dong Hoon Lee dari Harvard T.H. Chan School of Public Health yang diterbitkan pada 25 Juli di jurnal Circulation, menjelaskan hubungan antara olahraga dan umur seseorang.

Penelitian tersebut menganalisis terkait catatan medis dan data kematian selama 30 tahun dari lebih dari 100.000 orang dewasa yang terdaftar dalam Nurses Health Study dan Health Professionals Follow-Up Study.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengikuti pedoman minimum untuk aktivitas fisik dengan 150-300 menit per minggu aktivitas intensitas sedang, atau 75-150 menit per minggu aktivitas intensitas berat dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 21%.

Akan tetapi orang yang berolahraga dua hingga empat kali lipat dari minimum mampu menurunkan risiko kematian bagi mereka hingga 31%.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Olahraga

  1. Utamakan Keamanan

Jalan kaki dan olahraga ringan lainnya pada umumnya aman untuk kebanyakan orang. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memulai atau mengubah rutinitas olahraga Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, atau kondisi medis lain yang dapat mempengaruhi toleransi olahraga Anda.

  1. Mulai dari yang ringan

Anda akan lebih berhasil jika memasang target yang mudah dicapai. Misalnya, mulailah dengan rutinitas sederhana seperti jalan kaki selama 10 hingga 20 menit sebanyak tiga kali seminggu.

Kemudian setiap satu atau dua minggu, tambahkan waktu berjalan kaki selama lima menit hingga Anda mencapai target 30 menit. Kemudian, setiap satu atau dua minggu, tambahkan satu hari hingga Anda mencapai setidaknya 150 menit per minggu.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mencoba meningkatkan intensitas. Ingat, target yang kecil lebih mudah dicapai, dan pencapaian kecil ini akan terus memicu motivasi Anda.

  1. Jangan takut berolahraga atau pergi ke gym

Ingat jika semua gerakan dan olahraga merupakan adalah langkah ke arah yang benar. Namun gym memang membuat banyak orang terintimidasi, lantaran mungkin Anda kelebihan berat badan atau belum berpengalaman.

Pergi ke tempat gym bagi sebagian orang membuat minder (unsplash)

Atau Anda khawatir orang lain akan melotot atau menghakimi Anda? Ingat belut, semua orang pernah pemula dalam olahraga. Maka fokuslah pada tujuan Anda dan jangan buang energi untuk hal-hal yang tidak penting.

  1. Rencanakan

Untuk memaksimalkan keberhasilan Anda dalam menjalani perubahan gaya hidup jangka panjang, buatlah rencana ke depan.

Setiap minggu, lihat kalender Anda terlebih dahulu dan berkomitmen untuk jadwal olahraga Anda pada minggu itu. Pikirkan kesempatan Anda untuk berolahraga sebagai sebuah janji, bukan "nanti kalau ada waktu."

  1. Jangan Menyerah

Perlu diingat bahwa secara realistis, kebanyakan orang akan mengalami kemunduran di beberapa titik saat mereka berusaha mengubah perilaku. Jangan biarkan hal ini menghancurkan motivasi Anda. Sebaliknya, identifikasi hambatan yang mungkin mengganggu, susun strategi untuk kedepannya, dan coba lagi.

Selain olahraga memperpanjang umur, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi