Lansia Sehat di Usia Senja, Kuncinya Jangan Malas Gerak

| 27 Jun 2024 12:10
Lansia Sehat di Usia Senja, Kuncinya Jangan Malas Gerak
Ilustrasi lansia sehat (Freepik)

ERA.id - Memasuki usia senja, para lanjut usia atau biasa disebut lansia memiliki kondisi kesehatan yang cukup rentan. Apalagi jika kesehariannya tidak diimbangi dengan pola hidup sehat. 

Maka dari itu, lansia juga perlu menerapkan beberapa upaya agar kondisi tubuhnya tetap terjaga. Salah satu caranya dengan mengoptimalkan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. 

"Lansia sebagai kelompok umur tertentu dengan berbagai penurunan fungsi tubuh yang dialami, bukan berarti membuat lansia renta. Lansia tetap harus sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial. Kesehatan yang prima pada lansia akan mendukung lansia beraktivitas dengan baik sehingga tetap aktif, produktif, dan menjadi teladan bagi kelompok masyarakat lain,” jelas Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri, Dr. dr. Noto Dwimartutie, Sp.PD-K.Ger dalam keterangan pers FIMA (PT Finusolprima Farma Internasional) saat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) bertema Balance Nutrition for Geriatric, baru-baru ini. 

Menurut dokter Noto, kesehatan lansia juga harus dibarengi dengan aktivitas fisik dan pola istirahat yang cukup. 

Selain itu, lansia juga perlu didukung oleh keluarga yang memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan lansia. Seperti yang dilakukan aktor senior Herdin Hidayat dan putrinya, Anesya Anggun. 

Pasangan bapak dan anak ini menjadi teladan kolaborasi baik antara orangtua dan anak.

“Di usia saya yang sudah 65 tahun ini, saya selalu menerapkan pola hidup sehat. Sehat itu investasi terbaik. Dengan sehat, kita bisa beraktivitas dengan baik dan tentunya membuat kita dan keluarga selalu bahagia,” ucap Herdin Hidayat.

Selain dukungan keluarga, lansia juga perlu menjalankan pola hidup yang baik dengan pemenuhan gizi seimbang, seperti beraneka ragam makanan yang sesuai kebutuhannya.

“Aku mendukung sekali Papa untuk terus aktif berkarier dan beraktivitas fisik. Walaupun sudah lansia, bukan berarti Papa hanya berdiam diri di rumah. Walaupun aku sudah besar, bukan berarti aku juga meninggalkan orang tua-ku. Kami sering shooting bareng, mengisi kegiatan bareng, bahkan jalan-jalan dan olahraga bareng,” kata Anesya yang juga merupakan artis sekaligus presenter.

Di sisi lain, lansia dengan penyakit tertentu perlu memperhatikan makanan apa saja yang harus dibatasi. Misalnya lansia dengan kondisi diabetes harus membatasi makan dan minuman manis.

Pemenuhan nutrisi harian untuk lansia, yang dibarengi aktivitas fisik seperti jalan kaki atau latihan beban yang disesuaikan dapat mewujudkan lansia yang tangguh, sehat, dan kuat di usia senja.

“Mager alias malas gerak pada lansia tentu tidak dianjurkan. Aktivitas jalan pagi dan berbagai latihan beban dianjurkan sekali untuk menjaga tubuh lansia khususnya untuk mempertahankan kekuatan otot,” tambah dokter Noto. 

Dalam kesempatan yang sama, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaannya PT Finusolprima Farma Internasional (FIMA) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN).  

Perayaan yang dihadiri sekitar 350 lansia dari berbagai komunitas di Jabodetabek dan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat lansia (lanjut usia). 

"Kami memiliki visi untuk Bersama Sehatkan Bangsa, termasuk kaum lansia. Hal ini merupakan bentuk komitmen kami dalam berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai aktivitas di Hari Lanjut Usia Nasional," tutur Presiden Direktur PT Finusolprima Farma Internasional, (FIMA) a Kalbe Company, Liliana Susilowati.

Selama 30 tahun lebih, Kalbe juga kerap berinovasi dengan berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan lansia, termasuk bagi mereka yang vegetarian dan lebih suka susu kedelai. Dua produknya itu tinggal diseduh, dapat dicerna dengan mudah oleh para lansia.

Rekomendasi