Cara Mudah Pertahankan Berat Badan Ideal Setelah Diet Ketat

| 19 Jul 2024 10:50
Cara Mudah Pertahankan Berat Badan Ideal Setelah Diet Ketat
Ilustrasi diet ketat (Freepik)

ERA.id - Menurunkan berat badan bagi sebagian orang merupakan hal yang tak mudah. Dengan demikian, jika berat badan sudah turun setelah melakukan diet ketat, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menjaganya agar tetap stabil. 

Dilansir dari Medicine Net, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan berat badan pasca diet ketat. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Makan dengan porsi kecil

Meskipun sudah tidak melakukan diet ketat, usahakan untuk makan secukupnya saja. Makan dengan porsi kecil sebanyak 5 kali dalam sehari lebih baik dibandingkan makan besar 3 kali sehari.  

Dengan makan porsi kecil metabolisme akan lebih cepat bekerja dan membantu untuk mengontrol berat badan. Sertakan rempah-rempah pada makanan yang meningkatkan metabolisme seperti kayu manis, pala, dan kunyit.

2. Tetap konsumsi snack sehat

Jika merasa lapar di sela-sela waktu makan, jangan kembali ke kebiasaan lama dengan mengonsumsi camilan berkalori tinggi. Tetap pilih makanan ringan yang lebih sehat seperti buah, sayuran, yogurt bebas lemak, hingga biskuit gandum utuh.

Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi minum air putih saat diet (Unsplash)

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup yakni 8 gelas sehari sangat penting untuk menjaga berat badan. Asupan air putih yang cukup membantu pembakaran kalori dan memperlancar metabolisme, sehingga berat badan tetap ideal meskipun tidak diet ketat.

4. Tetap berolahraga

Tetap berolahraga merupakan cara terbaik untuk mempertahankan berat badan baru. Sisihkan waktu 30 menit untuk berolahraga setiap hari, dan tetapkan sebagai rutinitas yang harus dilakukan serta menaatinya.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini juga menurunkan kadar hormon pengatur rasa lapar, leptin, dan ghrelin, sehingga bisa membuat berat badan tidak terkontrol. Untuk itu, upayakan untuk tidur 7-9 jam setiap malamnya. 

Rekomendasi