Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Tidak Naik dan Metabolisme Tubuh Sehat

| 06 Nov 2022 07:27
Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Tidak Naik dan Metabolisme Tubuh Sehat
Ilustrasi diet (freepict)

ERA.id - Bagi Anda yang sudah diet mati-matian dan memiliki badan ideal maka hal tersebut adalah salah satu kebanggaan tersendiri. Namun bagaimana cara mempertahankan berat badan agar tidak naik bukanlah perkara mudah pula.

Anda mungkin pernah mendengar beberapa omongan orang-orang yang menurunkan berat badan dengan diet, akan mendapatkannya kembali badan gendutnya dalam beberapa tahun atau bahkan berbulan-bulan.

Meskipun tidak ada banyak bukti kuat untuk mendukung klaim di atas, namun memang benar bahwa banyak rencana penurunan berat badan gagal dalam jangka panjang.

Seringkali kegagalan diet hanya karena orang-orang yang melakukannya terlalu ketat hingga sangat sulit dipertahankan dari waktu ke waktu. Namun, itu tidak berarti upaya penurunan berat badan Anda akan gagal.

Sejak didirikan pada tahun 1994, National Weight Control Registry (NWCR) di Amerika Serikat telah melacak lebih dari 10.000 orang yang telah kehilangan berat badan dalam jumlah yang signifikan dan mempertahankannya untuk jangka waktu yang lama.

Studi tersebut menemukan bahwa peserta yang berhasil mempertahankan penurunan berat badan mereka memiliki beberapa strategi yang sama. Diet apapun yang Anda gunakan untuk menurunkan berat badan, tanpa mengadopsi kebiasaan berikut ini maka akan sulit bagi Anda mempertahankannya.

Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Tidak Naik

  1. Tetap aktif secara fisik

    jaga badan tetap aktif (freepik)

Pelaku diet yang berhasil dalam studi NWCR tetap berolahraga selama sekitar 60 menit, biasanya berjalan kaki.

  1. Simpan catatan makanan

Dengan mencatat apa yang Anda makan setiap hari membantu Anda tetap bertanggung jawab dan termotivasi.

  1. Makan sarapan setiap hari

Sarapan yang paling umum dalam penelitian ini adalah sereal dan buah. Makan sarapan diketahui dapat meningkatkan metabolisme dan mencegah rasa lapar di kemudian hari.

  1. Makan Banyak Serat

Makan lebih banyak serat dan lebih sedikit lemak tidak hanya diterapkan saat diet namun juga untuk menjaganya

  1. Periksa timbangan secara teratur

Menimbang diri sendiri setiap minggu dapat membantu Anda mendeteksi kenaikan kecil dalam berat badan, sehingga memungkinkan Anda untuk segera mengambil tindakan korektif sebelum masalah meningkat.

  1. Kurangi menonton televisi

Mengurangi waktu yang dihabiskan untuk duduk di depan layar dapat menjadi bagian penting dari mengadopsi gaya hidup yang lebih aktif dan mencegah penambahan berat badan.

Tetap Bergerak untuk Metabolisme

Sejauh mana olahraga membantu penurunan berat badan, tetapi manfaatnya jauh melampaui pembakaran kalori. Olahraga dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kesehatan Anda.

Olahraga membuat metabolisme tubuh teratur (freepik)

Dengan melakukan jalan-jalan, peregangan, dan bergerak Anda akan memiliki lebih banyak energi dan motivasi untuk mengatasi langkah-langkah lain dalam program penurunan berat badan Anda.

Lantas bagaimana jika kurang waktu untuk latihan yang lama? Tiga kali latihan selama 10 menit per hari bisa sama baiknya dengan satu latihan 30 menit.

Ingat segalanya lebih baik daripada tidak sama sekali. Mulailah perlahan dengan sedikit aktivitas fisik setiap hari. Kemudian, saat Anda mulai menurunkan berat badan dan memiliki lebih banyak energi, Anda akan merasa lebih mudah untuk menjadi lebih aktif secara fisik.

Temukan olahraga yang Anda sukai. Cobalah berjalan-jalan dengan teman, menari, hiking, bersepeda, bermain dengan hewan peliharaan, menikmati permainan bola basket, atau bermain video game berbasis aktivitas dengan anak-anak Anda.

Selain cara mempertahankan berat badan agar tidak naik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi