Efek Pasta Gigi Mengandung Arang yang Digadang Baik untuk Kesehatan

| 07 Aug 2024 07:07
Efek Pasta Gigi Mengandung Arang yang Digadang Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi pasta gigi (freepik)

ERA.id - Penggunaan pasta gigi arang kini tengah tren. Digadang, manfaatnya bisa sebagai alternatif pemutih gigi. Namun tahukah Anda efek pasta gigi mengandung arang?

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan adanya potensi risiko yang perlu diperhatikan.Lantas, seberapa besar dampak pasta gigi arang terhadap kesehatan gigi?

Artikel ini akan mengulas secara mendalam mengenai efek jangka panjang penggunaan pasta gigi arang tersebut, serta dampaknya terhadap kesehatan.

Pasta gigi charcoal untuk apa?

Mengutip dari Belleview Dental Associates, arang aktif adalah bubuk halus yang dibuat dari bahan alami seperti kayu, kulit kelapa, dan sumber lainnya yang dioksidasi dalam suhu ekstrim.

Perlu diketahui, arang sangat menyerap dan digunakan secara medis untuk menyerap dan menghilangkan racun. Namun, penggunaannya sebagai pasta gigi pemutih masih relatif baru.

Memang benar bahwa arang aktif dalam pasta gigi dapat membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi. Selain itu, karena arang sedikit abrasif, dapat membantu menghilangkan karang gigi dan noda ringan saat menyikat gigi.

Namun, tidak ada bukti bahwa pasta gigi arang memiliki efek pada noda di bawah enamel gigi atau memiliki efek pemutihan alami.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel di ERA yang membahas Cara Klaim Gigi Palsu BPJS Kesehatan

Untuk benar-benar efektif dalam memutihkan, produk perawatan gigi perlu bekerja pada noda di permukaan. Selain itu juga harus bekerja pada noda intrinsik, yaitu noda di bawah enamel dimana pasta gigi arang tidak memenuhi kriteria untuk pemutih.

Namun demikian, arang tetap aman digunakan pada gigi dalam dosis kecil dan memberikan beberapa tingkat pembersihan ketika digunakan sesuai petunjuk. Akan tetapi, karena diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek jangka panjang pasta gigi arang, banyak dokter gigi masih ragu untuk merekomendasikannya.

Pasta gigi charcoal untuk apa (freepik)

Efek Pasta Gigi Mengandung Arang

Jika Anda mempertimbangkan pasta gigi arang, dilansir dari Belleview Dental Associates, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pasta gigi arang terlalu abrasif untuk penggunaan sehari-hari

Arang adalah zat abrasif ringan, dan masih terlalu abrasif untuk digunakan setiap hari karena dapat merusak enamel gigi. Hal ini dapat menyebabkan gigi Anda terlihat lebih kuning dan menjadi sensitif.

Untuk itu, Anda harus menggunakan fluoride karena dapat membantu menjaga enamel gigi Anda kuat. Zat ini pada gilirannya melindungi gigi Anda dari kerusakan dan lubang. Coba lebih teliti, karena banyak pilihan pasta gigi arang tidak mengandung fluoride.

  1. Dapat Meninggalkan Noda

Partikel arang dapat terperangkap di retakan kecil gigi dan dapat membuat gigi berwarna abu-abu atau hitam di sekitar tepinya. Hal ini dapat menghasilkan efek yang berlawanan dengan apa yang Anda cari, bukannya membikin putih.

  1. Banyak hal yang tidak diketahui Dampaknya

Karena pasta gigi arang masih menjadi tren baru, efek jangka panjang pada gigi dan restorasi gigi seperti veneer  tidak diketahui.

Berikut ini ringkasan, kekurangan penggunaan pasta gigi arang di antaranya:

  • Kekasaran dapat mengikis enamel gigi (membuat gigi terlihat kuning).
  • Noda di bawah enamel tidak akan hilang.
  • Dapat menyebabkan sensitivitas gigi.
  • Tidak mengandung fluoride (yang membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang).
  • Kemungkinan noda pada gigi tua dan restorasi gigi.
  • Efek jangka panjang dan keamanan tidak diketahui.

Meskipun demikian, terdapat beberapa kelebihan penggunaan pasta gigi arang yang meliputi:

  • Dapat membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi.
  • Dapat mengurangi bau mulut.
  • Dapat mencegah noda ketika digunakan sesekali setelah pembersihan gigi profesional.

Meskipun pasta gigi arang populer, berhati-hatilah jika Anda ingin mencoba tren ini. Meskipun dapat membantu menghilangkan beberapa noda permukaan, efek jangka panjangnya masih belum diketahui.

Selain efek pasta gigi mengandung arang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi