Kenyang Santap Daging Kurban, Berikut Makanan 'Penawar' Turunkan Kolestrol

Tim Editor

Ilustrasi daging bakar (Foto: Pexels/Skitterphoto)

ERA.id - Selelah merayakan Idul Adha, menyantap aneka masakan dari olahan daging adalah momen yang ditunggu-tunggu. Tapi, awas kolesterol.

Rendang, sate, semur, steak, dan aneka masakan olahan daging lainnya memang menggugah selera. Kalau kamu engga bisa tahan selera, ya silahkan makan aja, sebab ada makanan lain yang bisa jari 'penawar' kolesterol.

Dilansir dari Health.harvard.edu pada Jumat (31/7/2020), berikut makanan 'penawar' yang turunkan kolestrol setelah makan daging kurban.

1. Oat

Person Mixing Cereal, Milk, and Strawberry Jam on White Ceramic BowlOat (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Mengonsumsi semangkuk sereal gandum dapat menghasilkan 1 hingga 2 gram serat larut. Kamu bisa tambahkan pisang atau stroberi untuk mendapatkan setengah gram serat larut. Serat larut berfungsi untuk mengikat kolestrol dan membawanya keluar dari tubuh.

2. Jelai (barley) dan gandum utuh lainnya

Sama seperti oats, jelai dan gandum utuh lainnya juga memberikan serat larut. Sehingga, bisa mengurangi risiko serangan jantung.

3. Biji-bijian

variety of assorted-color beans

Biji-bijian (Foto: Unsplash/Maddi Bazzocco)

Biji-bijian kaya kandungan serat larut, dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Itulah alasan mengapa biji-bijian sangat efektif sebagai salah satu makanan untuk menurunkan berat badan. Biji-bijian juga sangat bervariasi, dan mudah diolah.

4. Terong dan okra

Terong dan okra adalah sayuran rendah kalori. Kedua sayuran ini adalah sumber serat larut yang baik.

5. Kacang-kacangan

Peanut Lot

Kacang (Foto: Pexels/shattha pilabut)

Sejumlah penelitian menunjukkan kacang-kacangan sangat baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL, sekitar 5 persen. 

6. Minyak sayur

Menggunakan minyak nabati cair sebagai pengganti mentega pada makanan, dan saat memasak dapat menurunkan kadar LDL. Minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, lemak babi, atau mentega saat memasak atau di meja membantu menurunkan LDL.

7. Buah-buahan 

Close-up of pineapple; strawberry; grapes and apple Free Photo

Buah-buahan (Foto: Freepik/freepik)

Apel, anggur, stroberi, jeruk adalah buah-buahan kaya akan pektin, yakni karbohidrat kompleks sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

8. Makanan yang kaya akan sterol dan stanol

Sterol dan stanol diektrasi dari tumbuhan. Fungsinya adalah meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Banyak perusahaan makanan yang menambah sterol dan stanol ke produk makanan, seperti margarin, bar granola, jus jeruk, dan coklat. Kedua kandungan ini juga tersedia dalam bentuk suplemen. Mengonsumsi dua gram stereol dan stanol bisa mengurangi LDL hingga 10 persen.

9. Kedelai 

Photo of Tofu, Soybeans and Soy Milk Against White Background

Kedelai (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Mengonsumsi kacang kedelai atau makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai. Rupnya, cara ini sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan jika rutin mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari, sama dengan sekitar 280 gram tahu atau 2 setengah gelas susu kedelai yang bisa menurunkan LDL hingga 5-6 persen.

 

Tag: kesehatan qurban

Bagikan :