Bisa Cegah Penularan COVID-19, Berikut Manfaat Mengonsumsi Kimchi

Tim Editor

Kimchi (Foto: Unsplash/ Portuguese Gravity)

ERA.id - Kimchi adalah makanan khas dari Korea. Meski rasanya terbilang unik, namun makanan campuran sayuran dan bumbu khas Korea ini bisa melindungi kita dari virus COVID-19.

Menurut sebuah studi oleh mantan ahli WHO, Dr Jean Bousquet, kimchi telah dikaitkan dengan tingkat kematian yang rendah di Korea Selatan. Dikutip dari World Of Buzz, dalam studinya yang diterbitkan oleh jurnal Clinical and Translational Allerg, nutrisi di dalam kimchi berperan untuk mempertahankan kekebalan tubuh terhadap COVID-19. 

Kimchi adalah kol yang difermentasi mengandung antioksidan tinggi dan membantu menurunkan kadar ACE2. Tak hanya mencegah penularan COVID-19, Kimchi juga memiliki banyak manfaat. Dilansir dari alodokter pada Selasa (11/8), berikut manfaat yang kita peroleh dengan menyantap kimchi: 

1. Memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral

Kubis adalah bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kimchi. Sayuran ini mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin K, serat, dan folat. Selain itu, kubis juga mengandung beragam mineral, seperti kalsium, kalium, mangan, dan magnesium.

Tak hanya kubis, vitamin dan mineral juga terkandung dalam sayuran atau bahan lain yang digunakan sebagai bumbu kimchi. Misalnya bawang putih dengan kandungan mangan yang tinggi, cabai mengandung vitamin B6, dan daun bawang kaya akan vitamin K.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

black ceramic bowl on blue textile

Kimchi (Foto: Unsplash/ Portuguese Gravity)

Kimchi mengandung bakteri baik yang disebut Lactobacillus. Bakteri ini bisa menjaga fungsi sistem pencernaan. Selain itu, bakteri baik berperan dalam proses metabolisme nutrisi dan obat-obatan, menjaga daya tahan tubuh, dan mencegah infeksi virus serta bakteri. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada sayuran kimchi bisa menjadi makanan untuk bakteri baik.

3. Mencegah sembelit

Sayuran kimchi mengandung serat dan bakteri baik hasil fermentasi kimchi yang membantu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar.

4. Mengobati infeksi virus, bakteri, dan jamur

fermentasi, kimchi, makanan fermentasiKimchi (Foto: Pexels/ Elisa Shackelton)

Bakteri baik yang terkandung dalam kimchi bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa melawan kuman, termasuk Helicobacter pylori yang disebabkan kanker lambung dan virus avian influenza (flu burung).

5. Menjaga berat badan

Sayur yang digunakan pada kimchi adalah rendah kalori. Dalam 100 gram kimchi, terdapat sekitar 18 kkal. Maka dari itu, kimchi sebagai salah satu menu makanan yang bisa menurunkan dan menjaga berat badan ideal.

Bahan lain yang terkandung dalam kimchi, seperti cabai merah dan bawang putih, terbukti bisa meningkatkan metabolisme, mempercepat pembakaran energi, dan membantu menurunkan berat badan.

6. Mencegah kanker

Korean kimchi Premium PhotoKimchi  (Foto: Freepik/firsovanina)

Sayuran berwarna kuning dan hijau yang digunakan sebagai bahan kimchi berfungsi untuk mencegah peradangan. Kandungan sayuran bisa menekan kerja enzim tertentu yang memicu pertumbuhan sel kanker. Efek antikanker lebih optimal jika kimchi ditambahkan dengan bahan lain. Seperti mustard leaf, Chinese pepper, dan ekstrak Korean mistletoe. Tetapi, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Sebuah penelitian menyatakan makanan serat tinggi bisa membantu pertumbuhan bakteri baik yang memproduksi asam lemak. Asam lemak membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik bagi penderita diabetes.

Tag: korea makanan

Bagikan: