Tak Hanya Kimchi, 3 Makanan dari Korea Selatan Ini Bisa Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi

| 25 Aug 2021 08:05
Tak Hanya Kimchi, 3 Makanan dari Korea Selatan Ini Bisa Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi
Kimchi (Foto: Pexels/makafood)

ERA.id - Selain mengonsumsi suplemen, makanan yang bergizi adalah kunci utama untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Tak hanya makanan asal Indonesia, kamu bisa mengonsumsi hidangan dari berbagai dunia, salah satunya dari Korea Selatan.

Makanan asal Korea Selatan yang terkenal bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah kimchi. Penelitian tabung reaksi yang mengisolasi bakteri lactobacillus plantarum dari kimchi menunjukkan bakteri ini memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, makanan asal Korea Selatan bukan hanya kimchi. Ada sejumlah kuliner yang tidak hanya lezat, tetapi mengandung gizi dan khasiat. Berikut 3 makanan dari Korea Selatan yang bisa meningkatkan daya imunitas tubuh, seperti dilansir dari The Seoulite pada Rabu (25/8/2021).

1. Samgyetang

Samgyetang (Foto: Freepik/mestyle.studio3)
Samgyetang (Foto: Freepik/mestyle.studio3)

Salah satu sup dari Korea Selatan yang dipercaya punya khasiat meningkatkan imunitas tubuh adalah samgyetang. Hidangan ini adalah campuran sup ayam dan ginseng. Hidangan ini disantap biasanya pada musim panas untuk mengalahkan udara panas. Saat ini, orang-orang memakannya kapan pun dan membutuhkan dorongan. Orang Korea Selatan dulu makan samgyetang di musim panas untuk mematikan pemanas internalnya. Ditambah lagi, ginseng untuk menyeimbangkan rasa.

Ayam diisi dengan nasi, ginseng dan ramuan obat Korea lainnya. Kaldunya juga memiliki rasa dasar bawang hijau dan terasa luar biasa di sore musim dingin. Samgyetang dikunsumsi sebagai ramuan obat Korea untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Ginseng Korea

Ginseng Korea (Foto: Freepik/arrow_smith2)
Ginseng Korea (Foto: Freepik/arrow_smith2)

Ginseng memiliki kandungan untuk mencegah flu dan memperkuat daya tahan tubuh dan juga mempercepat proses pemulihan tubuh. Jika, kamu kedinginan di musim dingin, itu akan meningkatkan metabolisme untuk membuat merasa lebih hangat. Jika kamu berkeringat dan kepanasan di musim panas, kamu bisa hidangkan sebagai minuman untuk menetralisir.

Bila biasanya ginseng dikonsumsi bentuk kapsul sebagai suplemen, ginseng juga sering dicampurkan pada minuman seperti pada kopi, susu atau teh. Atau bisa juga dijadikan ginseng gummy bears tanpa gelatin, ini lebih enak daripada pada manisan jahe.

3. Mugwort

Mugwort (Foto: Maangchi.com)
Mugwort (Foto: Maangchi.com)

Mugwort adalah sayuran berdaun hijau yang memberi lontong hijau yang kaya warna hijau tua. Mugwort  juga bisa dimakan sebagai lauk atau digoreng menjadi panekuk. Mugwort tampaknya membantu meningkatkan cairan lambung sehingga membantu pencernaan. Ini juga meningkatkan sirkulasi dan memiliki efek menenangkan. Bagi wanita, mugwort membantu menyeimbangkan siklus menstruasi. Selain itu, banyak orang  Korea Selatan mengonsumsi mugwort karena dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Rekomendasi