Tren Anak Perempuan Mengalami Menstruasi Lebih Dini, Apa Penyebabnya?

Tim Editor

Ilustrasi (dreamstime.com)

ERA.id - Setiap wanita pasti mengalami menarche istilah yang merujuk kepada haid pertama yang dialami oleh wanita yang menginjak usia dewasa alias puber. Dimana alat kelamin mengalami kematangan diiringi oleh membesarnya payudara, munculnya rambut pada ketiak dan area kemaluan.

Pada fase ini, menurut ahli gizi, Beta Sindiana merupakan periode emas kedua yang dialami oleh wanita, dimana gizi yang ada dalam tubuh menjadi faktot terpenting.

"Gizi dalam tubuh wanita benar-benar harus perhatikan, untuk itu saya menyebutnya periode emas, asupan makanan yang bergizi bisa mendukung siklus haid yang berkualitas diawal haid, sehingga pertumbuhan kematangan kelamin sekunder lebih sehat," papar Beta dalam peluncuran virtual Charm Girl's Talk, kamis(12/11/2020).

Dalam pertemuan virtual tersebut, Beta juga menjelaskan salah satu faktor dari semakin dininya usia menarche adalah gaya hidup dan gemarnya mengonsumsi makananan cepat saji atau junk food.

"Pada siklus yang normal dimana kebutuhan gizi dan zat besi terpenuhi, haid pertama biasanya dialami mulai dari umur 11 tahun sampai 14 tahun. Namun, di era sekarang wanita remaja lebih menyukai makanan cepat saji, itu akan mempercepat umur menarche yang kurang matang," jelasnya.

Dalam penelitiannya, Remaja sangat rentan kekurangan zat besi, hampir sama seperti periode emas dalam 1000 hari pertama kehidupan manusia untuk kebutuhan perkembangan tubuh. Periode emas kedua ini, jika tidak diperhatikan asupan gizi untuk tubuh, kelak akan mempengaruhi kesiapan saat hamil dan melahirkan.

"Wanita yang terbiasa menerapkan pola hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan gizi akan lebih siap menjadi sumber gizi untuk janinnya kelak dan akan lebih kuat saat menghadapi persalinan," jelas Beta.

Bagi Beta, edukasi mengenai menstruasi sejak dini sangatlah penting karena pengaruhnya sangatlah besar.

"Sebelum masuk ke fase menstruasi, peran orang tua sangat penting, biasanya anak akan melihat kebiasaan atau gaya hidup yang dilakukan oleh orang tua dan saat ini untuk menjelaskan pentingnya mendampingi anak saat haid pertama, orang tua masih kebingungan padahal edukasi ini bisa diajarkan saat anak berusia 8 tahun," tutupnya. (Anda Mahardhika)

 

Tag: kesehatan Menstruasi

Bagikan: