5 Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya agar Tumbuh dengan Baik

| 17 Feb 2024 16:35
5 Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya agar Tumbuh dengan Baik
Aloe vera atau lidah buaya (Pexel/Cintia Siqueira)

ERA.id - Tanaman lidah buaya termasuk sebagai salah satu tamanan yang kaya akan manfaat. Mulai dari menyembuhkan luka hingga membantu pertumbuhan rambut.

Tak heran jika lidah buaya ditanam oleh banyak orang di rumah untuk sekadar mempercantik hunian atau bahkan dimanfaatkan kegunaannya.

Namun, ketika menanam dan merawat lidah buaya, ternyata ada beberapa cara yang harus dilakukan agar tumbuh dengan baik.

Cara sederhana merawat tanaman lidah buaya

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat tanaman lidah buaya agar tumbuh subur di halaman atau pot rumah kita. Berikut ulasan selengkapnya, seperti dilansir dari The Star.

1. Tanam dalam pot dengan lubang drainase

Lidah buaya dianjurkan untuk ditanam dalam pot yang memiliki lubang drainase. Ini memungkinkan tanah kering di antara waktu penyiraman.

Gunakan juga pot selebar dan sedalam mungkin untuk mengakomodasi sifat penyebaran tanaman ini ketika bertumbuh.

2. Tutup lubang drainase

Lubang drainase pada pot harus ditutup dengan penyaring kopi atau tisu dapur. Hal ini untuk mencegah campuran pot bocor keluar dari lubang drainase setelah penanaman.

3. Letakkan di ruang bercahaya

Aloe vera atau lidah buaya (Pexel/Florin G. Daniel)

Tanaman lidah buaya harus diletakkan di ruangan yang bercahaya, bisa di dekat jendela yang menyerap cahaya matahari. Jika cahaya ruangan gelap, gunakan lampu buatan agar pertumbuhannya tetap baik.

4. Penyiraman

Siram secara menyeluruh setiap sepertiga bagian atas tanah kering. Hindari menyiram air di bagian tengah tanaman karena air dapat terkumpul antara daun dan menyebabkan pembusukan.

Jika menyiram berlebihan, buang air yang menggenang di dalam pot. Membiarkan air tergenang di pot bisa menyebabtkan pembusukan akar dan kematian tanaman.

5. Bersihkan daun sesekali

Bersihkan daun sesekali dengan lap yang basah. Hal ini dapat membantu menghilangkan debu yang kemungkinan terdapat pada daun dan membantu mengurangi risiko hama serangga yang bisa merusak lidah buaya kesayangan kita. 

Rekomendasi