Terbaru! Tips Pakai Masker dari CDC Amerika, Begini Cara Pakainya

| 16 Feb 2021 19:47
Terbaru! Tips Pakai Masker dari CDC Amerika, Begini Cara Pakainya
Ilustrasi (BNPB)

ERA.id - Memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan di masa pandemi COVID-19. Selain memakai masker, warga juga diwajibkan mencuci tangan dan menjaga jarak, juga menghindari kerumunan.

Pastikan masker yang kamu gunakan sudah benar, termasuk jenis bahan dan cara pakainya guna menekan risiko penularan Covid-19.

Terbaru, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan lima cara penggunaan masker.

Pilih masker dengan kawat pada bagian hidung

Kawat pada bagian atas masker mirip seperti logam yang lembut. Kawat ini berfungsi mencegah udara masuk pada bagian atas. Tekan kawat hidung tersebut agar pas dengan ukuran wajah.

Gunakan mask filter

Mask filter berguna untuk menjepit masker pada bagian atas dan bawah juga pada bagian sisi masker, untuk mencegah kebocoran.

Periksa kembali masker yang digunakan

Periksa seluruh bagian masker dengan tangan. Raba bagian sisi luar masker yang anda gunakan, pastikan tidak ada bagian yang terbuka di area mata dan pipi. Masker sudah terpasang benar jika sudah merasakan bagian depan masker maju dan mundur ketika bernafas.

Dua cara untuk melapisi maker

Pertama, gunakan masker kain yang memiliki beberapa lapis kain. Kedua, gunakan masker sekali pakai pada bagian dalam, lalu gunakan masker kain pada bagian luar yang dapat mendorong tepian masker bagian dalam.

Dua cara ini dapat dilakukan namun pastikan tidak menghalangi pandangan mata dan dapat bernapas dengan mudah.

Buat ikatan simpul pada tali yang dekat dengan masker

Hal ini dapat dilakukan untuk membentuk masker sesuai dengan bentuk wajah dan menutupi bagian terbuka pada sisi kanan dan kiri, sampai ke baguan dagu bawah. Cara ini dapat dilakukan untuk masker tiga lapis yang biasanya dipakai.

Rekomendasi