Tak Perlu ke Amerika Seperti Nia Ramadhani, 3 Makanan Sehat Ini Mengandung Zat Besi Tinggi

| 04 Mar 2021 13:15
Tak Perlu ke Amerika Seperti Nia Ramadhani, 3 Makanan Sehat Ini Mengandung Zat Besi Tinggi
Nia Ramadhani (Foto: Instagram/@ramadhaniabakrie)

ERA.id - Belakangan dikabarkan bahwa kondisi tubuh Nia Ramadhani sedang dalam kondisi tidak baik. Nia sempat didiagnosis kekurangan zat besi atau iron ketika ia cek kesehatan di Amerika.

"Jadi, kemarin pas di Amerika itu dia sempat kontrol, check up. Nah, dokter di Amerikan ini sudah bilang kalau iron dia ini bermasalah. Iron dia itu benar-benar jauh di bawah standar dan saturasinya jelek banget," ujar Theresa Wienathan, asisten pribadi Nia Ramadhani pada tayangan Nyonya Bos di Trans TV, Senin (1/3/2021).

Theresa juga mengungkapkan bahwa kekurangan zat besi yang dialami oleh Nia ini berdampak pada tubuhnya yang mudah lelah, daya pikir yang semakin lambat, dan membuat penglihatannya kabur.

Zat besi sendiri termasuk nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini karena zat besi berada di sel darah merah yang bertugas untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Dilansir dari Healthline, zat besi merupakan suatu nutrisi penting yang harus diperoleh dari makanan. Jika kekurangan zat besi, tak perlu mahal hingga ke Amerika, yang perlu dilakukan adalah menambah asupan makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi juga sangat mudah didapatkan dan sangat terjangkau, seperti beberapa makanan di bawah ini.

1. Kerang

Kerang merupakan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Semua jenis kerang mengandung zat besi, namun yang kerang yang menjadi sumber terbaik zat besi adalah tiram, abalone, dan remis. Satu porsi kerang sekitar 100gr bisa mengandung 3 miligram zat besi. 

(Unsplash/@adriensala)

Zat besi yang terkandung di dalam kerang merupakan zat besi hewani yang lebih mudah diserap tubuh dibandingkan zat besi nabati.

 

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki banyak sekali nutrisi baik bagi tubuh, meskipun tidak mengandung banyak kalori. Jika kamu adalah seorang vegan atau vegetarian, mengonsumsi bayam bisa menjadi pilihan utama untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh. 

(Unsplash/@louishansel)

Dengan mengonsumsi bayam secara rutin juga dapat mengurangi risiko kanker, mengurangi peradangan, dan mampu melindungi mata dari kerabunan.

3. Organ dalam hewan atau jeroan

Makanan lainnya yang bisa menaikkan kandungan zat besi dalam tubuh adalah organ dalam hewan atau biasa disebut jeroan, seperti hati, ginjal, otak, jantung, dan sebagainya. Mengonsumsi 100 gram hati, kamu bisa mendapatkan zat besi sebanyak 6,5 miligram.

(Unplash/@juniorreisfoto)

Tak hanya itu, organ bagian dalam hewan juga merupakan sumber kolin terbaik, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan otak dan hati pada manusia.

Nah itu itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan jumlah zat besi pada tubuh. Gak perlu mahal, cuma perlu konsisten dan rutin mengonsumsinya untuk menjaga kadar zat besi.

Rekomendasi