7 Tips Berhenti Merokok yang Aman dan Efektif, Ampuh Atasi Kecanduan!

Tim Editor

Ilustrasi (Shutterstock)

ERA.id - Tak dapat dipungkiri, merokok sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat terutama para pria.

Merokok dapat merugikan kesehatan seseorang, baik perokok itu sendiri maupun perokok pasif. Merokok merupakan penyebab utama penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, penyakit paru menahun, gangguan janin, gangguan pernapasan, impotensi, dan kesuburan.

Data WHO pada 2011, di seluruh dunia kematian akibat rokok lebih dari 5 juta pertahun. (setiap 6 detik terjadi 1 kematian akibat rokok). Setiap 10 kematian, 2 di antaranya akibat rokok. Secara umum, perokok 10 tahun lebih dini meninggal dibandingkan yang bukan perokok.

Dok. Kemenkes


Meskipun hingga saat ini bahaya merokok sudah banyak disosialisasikan namun tetap saja masih banyak para perokok yang belum mampu meninggalkan kebiasaannya tersebut.

Berhenti merokok memang bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan. Sebagian orang bahkan gagal melakukannya. Namun, komitmen berhenti merokok dan memiliki tubuh yang lebih sehat, akan sangat membantu upaya untuk berhenti dari kebiasaan tersebut.

Kemenkes memeberikan tips berikut cara berhenti merokok yang ampuh

1. Bulatkan Tekad Berhenti Merokok

Tips pertama untuk berhenti merokok adalah dengan memiliki tekad yang kuat dari dalam diri untuk berhenti merokok. Dengan tekad inilah kamu bisa meyakinkan diri bahwa kamu mampu berhenti merokok meskipun hal tersebut dirasa sulit.

2. Membiasakan Berhenti Merokok

Agar kamu bisa berhenti merokok maka sebaiknya mulailah untuk membiasakan diri berhenti merokok secara bertahap dengan mengurangi jumlah rokok yang anda hisap perharinya. Selain itu anda juga bisa mencoba berhenti merokok seketika atau total namun terkadang banyak orang yang masih berat untuk menjalaninya.

3. Kenali Waktu dan Situasi Kapan Sering Merokok

Dalam hal ini kamu harus mengenali kapan biasanya paling sering merokok. Dengan demikian anda bisa mengubah kebiasaan sering merokok tersebut dan menggantinya dengan hal-hal positif lain seperti mengkonsumsi permen atau melakukan aktivitas lain.

4. Mintalah Dukungan dari Keluarga dan Kerabat

Dukungan dari orang-orang sekitar supaya anda bisa berhenti merokok memang sangatlah penting. Sebab dengan dukungan tersebut anda bisa semakin termotivasi untuk berhenti merokok.

5. Tahan Keinginan dengan Menunda

Jika tiba-tiba muncul keinginan untuk merokok, sebaiknya segera tunda keinginan tersebut maka secara perlahan kamu akan melupakan keinginan untuk merokok.

6. Berolahraga secara Teratur

Berolahraga bisa menjadi salah satu langkah untuk berhenti merokok. Dengan berolahraga tubuh akan terasa sehat dan bugar serta membantu kamu lupa dengan kebiasaan merokok.

7. Konsultasi dengan Dokter

Apabila kamu merasa masih sulit untuk berhenti merokok maka silakan berkonsultasi dengan dokter. Agar dibantu terapi berhenti merokok secara perlahan dan
semakin menyadari akan bahaya merokok jangka panjang.

Itulah tadi penjelasan mengenai 7 tips berhenti merokok bagi kamu yang sudah kecanduan rokok. Semoga berhasil ya.

Tag: larangan merokok merokok tips berhenti merokok

Bagikan: