Bintang Serial Friends, James Michael Tyler Didiagnosis Kanker Stadium Empat

| 22 Jun 2021 15:45
Bintang Serial Friends, James Michael Tyler Didiagnosis Kanker Stadium Empat
James Michael Tyler Didiagnosis Kanker Prostat Stadium 4 (Instagram/slate_michael)

ERA.id - Aktor James Michael Tyler mengungkap dirinya sedang berjuang melawan kanker prostat yang dideritanya. Bintang serial Friends itu menyebut ia didiagnosis kanker stadium empat.

Baru-baru ini James Michael Tyler terbuka tentang perjuangan kesehatannya selama bertahun-tahun. Hal ini disampaikan olehnya untuk pertama kali selama bertahun-tahun.

Dalam sebuah wawancara bersama Today's Craig Melvin, Tyler yang berperan sebagai Gunther di serial Friends itu mengatakan dirinya didiagnosis kanker prostat stadium empat sejak September 2018.

"Saya berusia 56 tahun saat itu, dan mereka menyaring PSA, yang merupakan antigen spesifik prostat. Itu kembali dengan angka yang luar biasa tinggi. Jadi saya langsung tahu ketika saya online dan saya melihat hasil tes darah dan kerja darah saya bahwa jelas ada sesuatu yang salah di sana," kata Tyler dikutip E!News, Selasa (22/6/2021).

Lalu, kata Tyler, ia menerima hasil diagnosis itu setelah melakukan pemeriksaan rutin ke rumah sakit. Saat itu dokter yang memeriksanya menelepon dan meminta dirinya untuk datang karena curiga ada yang tak beres di prostatnya.

Alhasil, dokter mengatakan bahwa Tyler didiagnosis kanker prostat stadium 4. Di mana kanker itu sudah memasuki stadium akhir.

"Saya telah berurusan dengan diagnosis itu selama hampir tiga tahun terakhir. Ini stadium 4, kanker stadium akhir. Jadi pada akhirnya, Anda tahu, itu mungkin akan menyerang saya," ujarnya.

Sejak didiagnosis kanker prostat stadium 4, Tyler pun mulai menjalai terapi hormon yang boleh dibilang berhasil selama sekitar satu tahun. Namun karena adanya pandemi Covid-19, kanker itu berkembang dan menggandas.

Bahkan kanker prostat itu sudah menyebar ke seluruh tubuhnya serta mempengaruhi tulang belakngnya. Akibatnya ia mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh bawahnya.

"Jadi kanker memutuskan untuk bermutasi pada saat pandemi, dan itu berkembang," ungkapnya.

Kini, Tyler sedang menjalani kemoterapi untuk meringankan rasa sakit yang dialaminya. Ia pun tercatat tidak bisa hadir di acara reuni serial Friends beberapa waktu lalu.

Meski begitu, ia sempat muncul secara virtual dan menyapa para kerabat lainnya. Ia mengaku senang bisa menjadi bagian dari serial yang dibintangi Jennifer Aniston itu.

"Itu adalah keputusan saya untuk tidak menjadi bagian dari itu secara fisik dan tampil di Zoom, pada dasarnya, karena saya tidak ingin meremehkannya, Anda tahu? Saya tidak ingin seperti, 'Oh, dan omong-omong, Gunther menderita kanker'," katanya.

Lebih lanjut, James Michael Tyler mengingatkan untuk semua pria agar melakukan pengecekan kesehatan sedini mungkin. Sebab bila hal seperti dirinya muncul di tubuh bisa segera terdeteksi dan diobati sedini mungkin.

Pengingat ini disampaikan olehnya lantaran ia tak mau ada orang lain yang juga merasakan penderitaan seperti yang dialami.

"Jika itu menyebar di luar prostat ke tulang, yang paling umum dalam bentuk saya, itu bisa jauh lebih sulit untuk ditangani. Banyak pria, jika mereka menangkap ini lebih awal, itu mudah diobati. Saya tidak ingin orang harus melalui apa yang saya alami. Ini bukan proses yang mudah," tegasnya.

"Itu membuat saya, secara pribadi, menyadari betapa pentingnya setiap momen, setiap hari. Dan berjuang. Jangan menyerah. Terus berjuang. Jaga diri Anda seringan mungkin. Dan miliki tujuan. Tetapkan tujuan," tutupnya.

James Michael Tyler merupakan aktor yang berperan sebagai pekerja sekaligus manajer di kedai kopi di Central Perk bernama Gunther di serial Friends. Karakternya digambarkan sebagai pengagum dari Rachel alias Jennifer Aniston.

Rekomendasi