Biar Tetap Waras, 6 Cara Jaga Kesehatan Mental di Tengah Melonjaknya Kasus Covid-19

| 07 Jul 2021 08:00
Biar Tetap Waras, 6 Cara Jaga Kesehatan Mental di Tengah Melonjaknya Kasus Covid-19
Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/engin akyurt)

ERA.id - Kesehatan mental merupakan hal penting yang harus diperhatikan selayaknya kesehatan fisik, terutama ditengah melonjaknya kasus Covid-19. Risiko terinfeksi virus Covid-19 memang ada, namun bisa diminimalkan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dilansir dari Alodokter pada Rabu (7/7/2021), Pandemi tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi kesehatan mental setiap individu. Stres dan rasa cemas berlebihan bisa dikelola dan ditangani, agar tak menimbulkan masalah kesehatan mental yang lebih parah di kemudian hari. Berikut 6 tips menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19.

1. Melakukan aktivitas fisik

Ilustrasi olahraga di rumah (Foto: Pexels/Alexy Almond)
Ilustrasi olahraga di rumah (Foto: Pexels/Alexy Almond)

Berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat, dapat dilakukan selama menjalani karantina di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuhmu akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood.

Latihan peregangan dan pernapasan juga dapat membantu untuk menenangkan diri. Jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk meningkatkan sistem imun.

2. Menghentikan kebiasaan buruk

Bila kamu seorang perokok, cobalah hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Merokok akan meningkatkan risiko kamu terinfeksi kuman penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, batasi juga konsumsi minuman beralkohol.

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mentalmu. Kebiasaan buruk yang juga perlu dihentikan adalah kurang beristirahat atau sering begadang. Jika kurang istirahat, kamu lebih mudah mengalami kecemasan dan mood pun akan lebih tidak stabil.

3. Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi (Foto: Unsplash/Dan Gold)
Makanan bergizi (Foto: Unsplash/Dan Gold)

Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi tersebut dapat diperoleh dari nasi, sereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu.

Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental, baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Membuat rutinitas sendiri

Selama menjalani karantina di kamu bisa melakukan hobi atau aktivitas yang disukai, misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh.

5. Lebih bijak memilah informasi

Melihat smartphone (Foto: Unsplash/Jonas Leupe)
Melihat smartphone (Foto: Unsplash/Jonas Leupe)

Batasi waktu kamu untuk menonton, membaca, atau mendengar berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas.

Meski begitu, jangan menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting. Pilah informasi yang kamu terima secara kritis dan bijak. Dapatkan informasi mengenai pandemi Covid-19 hanya dari sumber yang terpercaya.

6. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman, dan rekan kerja, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Kamu bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang kamu rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang dirasakan dapat berkurang sehingga bisa lebih tenang.

Bila kamu memang memiliki gangguan mental, konsumsilah obat-obatan yang telah diresepkan dokter secara rutin. Bila perlu, periksakan dirimu ke dokter secara berkala agar dokter dapat memantau perkembangan kondisi.

Rekomendasi