Penting Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19, 8 Cara Sederhana Mengelola Stres Agar Imun Tetap Kuat

| 09 Jul 2021 08:10
Penting Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19, 8 Cara Sederhana Mengelola Stres Agar Imun Tetap Kuat
Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/ user1635860)

ERA.id - Pandemi Covid-19 di Indonesia kian memburuk setelah datangnya berbagai varian baru, mulai dari varian alpha, delta, hingga beta. Maraknya pemberitaan Covid-19 dapat meningkatkan rasa cemas dengan mudah. 

Tapi, kamu tak perlu panik karena ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental. Saat ini, mengelola stres menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan imun agar tetap bahagia. Dilansir dari Healthline pada Jumat (9/7/2021), berikut 8 cara sederhana mengelola stres agar imun tetap kuat.

1. Bicarakan dengan teman

Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/Anthony Shkraba)
Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/Anthony Shkraba)

Saat merasa stres, cobalah untuk menelepon teman dan bicarakan segala masalahmu. Hubungan yang baik dengan teman dan orang yang dicintai penting untuk gaya hidup sehat apa pun. Mereka sangat penting ketika kamu berada di bawah banyak tekanan.

2. Berbicara dengan diri sendiri

Selain berbicara dengan teman, kamu juga bisa  berbicara dengan tenang kepada diri sendiri. Jangan khawatir terlihat gila, katakan saja pada diri sendiri mengapa kamu stres, apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas yang ada, dan yang terpenting semuanya akan baik-baik saja.

3. Mendengarkan musik

Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Apabila merasa kewalahan dengan situasi yang membuat stres, cobalah istirahat dan mendengarkan musik menenangkan. Memutar musik yang tenang memiliki efek positif pada otak dan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi kortisol, hormon terkait dengan stres. Cobalah mendengarkan suara laut atau alam, itu efek relaksasi yang mirip dengan musik.

4. Makan dengan benar

Tingkat stres dan diet yang tepat saling berkaitan erat. Ketika kewalahan, kita sering lupa untuk makan dengan baik dan menggunakan camilan manis dan berlemak sebagai pilihan. Cobalah untuk menghindari camilan manis, ganti dengan buah-buahan dan sayuran, serta ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi telah terbukti mengurangi gejala stres.

5. Tertawalah

Ilustrasi pria (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi pria (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Tertawa melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar hormon penyebab stres kortisol dan adrenalin. Cobalah menonton sitkom atau video lucu, kamu akan segera tertawa terbahak-bahak.

6. Minum teh

Teh mempunyai kurang dari setengah kafein kopi dan mengandung antioksidan  sehat, serta theanine, asam amino terdapat efek menenangkan pada sistem saraf.

7. Olahraga 

Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/Jonathan Borba)
Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/Jonathan Borba)

Olahraga tidak selalu berarti angkat beban di gym atau latihan untuk maraton. Berjalan-jalan sebentar atau  berdiri untuk meregangkan tubuh bisa  memberikan kelegaan segera dalam situasi stres. Selain itu, hal ini membuat darah bergerak melepaskan endorfin dan  meningkatkan suasana hati hampir secara instan.

8. Tidur dengan lebih baik

Semua orang tahu stres dapat menyebabkan kurang tidur. Sayangnya, kurang tidur menjadi penyebab utama stres. Hal ini menyebabkan otak dan tubuh rusak dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Selalu pastikan untuk mendapatkan 7-8 jam tidur.

Rekomendasi