Covid-19 Makin Mengganas, 5 Makanan Jepang yang Sehat Bagus Memperkuat Imun Tubuh

| 15 Jul 2021 08:00
Covid-19 Makin Mengganas, 5 Makanan Jepang yang Sehat Bagus Memperkuat Imun Tubuh
Miso (Foto: Pexels/Cats Coming)

ERA.id - Orang dengan daya tahan tubuh atau imunitas rendah rentan tertular Covid-19 di masa pandemi yang makin mengganas. Mengonsumi makanan bergizi bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara optimal. Makanan Jepang yang sehat bisa dikonsumsi untuk memperkuat imun tubuh.

Banyak makanan tradisional Jepang tinggi kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan bakteri baik yang menyehatkan pencernaan. Konsumsi. Masakan tradisional Jepang telah lama memasukkan komponen sehat dan lezat untuk meningkatkan asupan nutrisi. Dilansir dari Savvy Tokyo pada Kamis (14/7/2021), berikut 5 makanan Jepang memperkuat imun tubuh.

1. Matcha

Matcha (Foto: Unsplash/Alice Pasqual)
Matcha (Foto: Unsplash/Alice Pasqual)

Biasanya, matcha atau teh hijau bubuk dikonsumsi untuk mendapatkan antioksidan dan nutri yang tinggi. Matcha diproses dari seluruh bagian daun teh. Selain itu, matcha meningkatkan tambahan untuk kesehatan hati, otak, dan jantung.

Selama berabad-abad, matcha dikonsumsi sebagai bagian dari suguhan upacara di Jepang. Sekarang, matcha tersedia dalam makanan yang dipanggang, manisan, dan latte kedai kopi. Dimasa pandemi Covid-19, kamu bisa sajikan matcha di rumah.

2. Kaiso

Kaiso adalah istilah Jepang untuk semua tanaman rumput laut yang populer dinikmati. Mulai dari nori, konbu, wakame, dan hijki. Kamu mungkin paling akrab dengan nori, rumput laut kering yang digunakan untuk menggulung sushi.

Hijiki jadi tambahan rasa ringan dalam salad dan tumis Jepang. Rumput laut wakame tipis biasanya dikeringkan dan direhidrasi untuk sup. Kombu adalah bahan utama kaya umami untuk kaldu sup tradisional yang disebut dashi. Apa pun cara yang kamu dipilih untuk menikmati rumput laut, rumput laut merupakan sumber vitamin A, B, C, dan E yang rendah kalori, serat, dan yodium.

3. Yuzu

Yuzu (Foto: Unsplash/eggbank)
Yuzu (Foto: Unsplash/eggbank)

Yuzu memiliki kadar vitamin C yang jauh lebih tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Yuzu juga mengadung vitaminC tiga kali lebih banyak dari lemon. Ini juga merupakan makanan antioksidan tinggi. Tidak banyak orang yang memakannya secara utuh, tetapi jusnya sering dimasukkan dalam bumbu, saus, dessert, hingga soda. Kulit Yuzu memiliki aroma yang menyegarkan dan mengurangi stres.

4. Miso

Miso adalah makanan sehat yang mengandung protein. Miso terdapat menyehatkan pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh, karena kandungan vitamin B, niasin, seng dan mangan ditambah bakteri probiotik untuk mendukung kesehatan usus.

Berupa pasta kedelai yang difermentasi ini jadi kunci kelezatan Miso. Selain itu, Miso tersedia tiga jenis, yakni shiro (putih), shinsu (kuning), dan aka (merah). Miso diolah sebagai sup dengan campuran kaldu rumput laut, isian tahu, daun bawang, wakame, bumbu marinasi sayuran dan daging panggang.

5. Soba

Soba (Foto: Pexels/daniel moises magulado)
Soba (Foto: Pexels/daniel moises magulado)

Soba paling enak disajikan selagi masih hangat. Soba dibentuk dari tepung soba dan menjadi bahan yang lezat untuk banyak hidangan, termasuk sup. Soba tidak mengandung gluten dari sumber seperti mie gandum. Beberapa jenis mie soba memiliki campuran tepung terigu dan pastikan memeriksa kemasannya. Rendah lemak tetapi tinggi thiamin, mangan, dan serat larut. Mie soba pasti patut dicoba di atas pasta khasmu.

Rekomendasi