Berhenti Menekan Diri Sendiri, 5 Cara Sederhana untuk Menerapkan Self Love

Tim Editor

Menerapkan self love (Foto: Unsplash.com/ anniespratt)

ERA.id - Belakangan ini istilah self love ramai dibicarakan di media sosial. Apa sih self love itu? Self love merupakan usaha yang harus dilakukan setiap orang untuk mencintai dan menerima dirinya sendiri apa adanya.

Self love merupakan hal penting yang harus diterapkan dalam hidup, karena ini merupakan salah satu aspek yang bisa mempengaruhi kesehatan mental. Nah, inilah beberapa cara sederhana untuk menerapkan self love untuk dirimu sendiri, dilansir dari Reachout.com.

1. Bersikap baiklah pada dirimu sendiri

Menerapkan self love (Foto: Unsplash.com/ giulia)

 

Berusahalah untuk selalu memperlakukan dirimu dengan baik dan benar. Usahakan untuk tidak memaksa dirimu melakukan sesuatu yang melelahkan dan menyulitkan dirimu sendiri yang dapat memicu timbulnya depresi.

Jika terjadi sesuatu yang buruk dalam hidupmu, jangan selalu menyalahkan diri sendiri atas apapun yang terjadi. Cobalah untuk sering berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang sama seperti kamu berbicara dengan orang lain.

2. Besyukur atas hidupmu saat ini

Cara berikutnya untuk menerapkan self love adalah dengan bersyukur atas hidupmu saat ini. Jika keseringan merasa bahwa hidup tidak adil, merasa kurang puas akan pencapaian yang sudah diraih, maka kamu hidup tidak bersyukur dan mulai memberikan tekanan pada diri sendiri.


Cobalah terlebih dahulu untuk mensyukuri apa yang kamu punya dalam hidup, seperti masih diberikan hidup yang layar, masih punya pekerjaan, dan lainnya. Cintai diri dengan lebih mensyukuri hidup yang kamu miliki sekarang.

3. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Menerapkan self love (Foto: Unsplash.com/ bartlaure)

 

Tak bisa dipungkiri bahwa kehidupan ini membuat tiap manusia memiliki sifat kompetitif, terutama dalam lingkungan sekitarnya. Inilah yang membuat kita sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain, padahal seperti yang diketahui, tidak ada manusia yang sempurna.

Mulai sekarang, berhentilah membandingkan diri dengan orang lain untuk kesehatan fisik maupun mentalmu. Fokuslah pada tujuan dan mimpimu dalam hidup. Dengan begitu, kamu akan menjalani hidup lebih ringan dan tidak stres.

4. Beri waktu untuk diri sendiri

Menerapkan self love (Foto: Unsplash.com/ thoughtcatalog)

 

Kesalahan yang sering dilakukan setiap orang yang membuatnya tidak self love adalah tidak memberikan waktu untuk dirinya sendiri atau biasa disebut me time. Untuk membuat dirimu bahagia, maka sesibuk apapun kegiatan atau pekerjaamu, sempatkan waktu untuk me time.

Dengan me time, kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam lagi dengan melakukan hal-hal yang menjadi hobi atau kegiatan lainnya yang kamu suka. Lakukanlah hal yang membuat dirimu bahagia.

5. Bergaul dengan orang yang memberi pengaruh baik

Menerapkan self love juga perlu dilakukan dalam lingkungan sosial yang kamu tinggali. Usahakanlah untuk masuk ke dalam pergaulan yang positif, membangun, dan menerima diri kamu apa adanya.

Dengan menempatkan diri kamu di lingkungan yang baik dan positif, maka kamu sudah melakukan tindakan self love. Di mana kamu mencegah pengaruh negatif dari luar untuk masuk ke dalam hidupmu.

Nah, itulah lima cara sederhana untuk menerapkan self love untuk diri sendiri. Selamat mencoba. Jika bukan kita yang mencintai diri kita sendiri, siapa lagi?

Tag: Self love cara sederhana mencintai diri sendiri

Bagikan: