Kerap Digaungkan Tapi Sulit Diterapkan, Cara Mencintai Diri Sendiri Mulai dari Hal yang Paling Simple

| 29 Mar 2023 08:28
Kerap Digaungkan Tapi Sulit Diterapkan, Cara Mencintai Diri Sendiri Mulai dari Hal yang Paling Simple
Memaknai self love (Pexel/Pavil Danilyuk)

ERA.id - Self love atau mencintai diri sendiri merupakan hal yang sepatutnya dilakukan oleh setiap orang. Hal ini kadang dilupakan hingga berdampak buruk terhadap diri sendiri terlebih kesehatan mental.

"Pada dasarnya kadang-kadang kita sering kali bisa bersikap baik kepada orang lain, tapi tidak untuk diri sendiri. Kita lebih mudah untuk mengkritik diri sendiri, banyak tuntutan terhadap diri sendiri, sedangkan terhadap orang lain tidak begitu," kata Psikologis Klinis, Tara de Thouars, BA, M. Psi, di kawasan Sudirman, Jakarta.

Tara menyampaikan bahwa inti dari self love adalah peduli dan mementingkan diri sendiri. Setiap orang harus melakukan yang terbaik untuk dirinya sendiri, jangan hanya fokus untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain.

"Sebenarnya inti dari self love itu adalah kita perlu untuk taking care of ourself, mementingkan diri sendiri, melakukan yang terbaik untuk diri sendiri, supaya kondisi mentalnya terjaga," tuturnya.

Untuk menerapkan self love terhadap diri sendiri bisa dalam bentuk apa pun. Seperti memuji diri sendiri, hingga menyediakan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh.

"Dalam hal apa pun ya. Misalnya, kalau kita bisa memuji orang lain, kita juga harus memuji diri sendiri. Kalau kita bisa menyuruh orang lain untuk istirahat, kita juga harus istirahat. Kalau kita bisa mengapresiasi orang lain atas usahanya, ya kita juga harus apresiasi diri sendiri," jelasnya.

Lebih lanjut, Tara menyampaikan bahwa hal-hal tersebut sebenarnya tak sulit dilakukan, tetapi orang-orang sering mengabaikan. Perlu diingat melakukan langkah mencintai diri sendiri sangat baik untuk kesehatan mental.

"Nah itu bagian dari self love ya. Hal yang biasanya paling susah kita lakukan untuk diri sendiri, tapi itu very powerful jika kita lakukan untuk mental kita," pungkas Tara.

Rekomendasi