Mulai dari Raffi Ahmad Hingga Najwa Shihab, Puluhan Publik Figur Tanah Air Ikut Ramaikan Donasi Konsentrator Oksigen untuk Indonesia

| 27 Jul 2021 18:35
Mulai dari Raffi Ahmad Hingga Najwa Shihab, Puluhan Publik Figur Tanah Air Ikut Ramaikan Donasi Konsentrator Oksigen untuk Indonesia
Kolase foto Raffi Ahmad, Najwa Shihab, dan Atta Halilintar (Foto: Instagram)

ERA.id - Saat ini Indonesia mengalami defisit suplai oksigen sebesar 800 ton per harinya untuk bantu 100.000 pasien positif Covid-19. Sedikitnya dibutuhkan 17.000 konsentrator oksigen untuk membantu mereka terus bernapas. Atas dasar itu puluhan figur publik mulai bergabung dengan gerakan Oxygen for Indonesia dengan melakukan penggalangan dana.

Adapun beberapa nama yang tidak lagi asing bagi masyarakat Indonesia antara lain jurnalis senior Najwa Shihab dan Andy F. Noya, vokalis band Gigi Armand Maulana, artis Hamish Daud, Chelsea Islan, Cinta Laura Kiehl, Maudy Ayunda, Andrea Dian, Raffi Ahmad, Gigi serta Rafathar, group band Project Pop, Faiz Ghifari, penyanyi Afgan dan Vidi Aldiano, dan YouTuber Atta Halilintar, Instagrammer Rachel Vennya dan banyak lagi.

“Pandemi ini telah menghadapkan kita dengan masalah hidup dan mati. Saat ajal menjemput, dan kita mati, semuanya selesai, tidak ada yang lain, kedukaan itu hanya bagi yang hidup. Persis di situlah letak persoalan pandemi 'Apa yang harus dilakukan oleh yang masih hidup? Kita bisa melawan pilu dengan perasaan sudah berbuat sesuatu. Banyak hal yang bisa diperbuat," ujar Najwa Shihab sebagai salah satu figur publik initiator gerakan Oksigen untuk Indonesia dan relawan Warga Bantu Warga dari rilis Oxygen For Indonesia diterima Era.id pada Selasa (27/7/2021).

"Salah satunya lewat gerakan oksigen untuk Indonesia yang memungkinkan lebih banyak lagi orang bisa bertahan hidup. Karenanya penting untuk menyebarkan info ini, karena saya percaya solidaritas itu energi yang bisa menjalar ke mana-mana. Bukan hanya virus atau hoaks yang bisa menyebar, solidaritas juga bisa menjalar secara eksponensial,” lanjutnya.

Oxygen for Indonesia adalah sebuah gerakan diinisiasi oleh penggiat startup, perusahaan modal ventura lokal dan regional untuk bersama - sama dengan seluruh masyarakat Indonesia untuk menggalang dana secara gotong royong demi menyelamatkan jutaan nyawa dari ancaman pandemi COVID-19 dengan memberikan akses pada oxygen concentrator yang saat ini sangat dibutuhkan oleh rumah sakit.

Gerakan sukarela ini menargetkan total penggalangan dana mencapai 10 juta dollar USD hingga September 2021. Dana ini kemudian akan digunakan untuk menyediakan 10.000 konsentrator oksigen yang akan didistribusikan ke kurang lebih 1.500 rumah sakit. Harapan jangka panjangnya adalah 7 juta pasien dapat menerima manfaat dari bantuan ini.

Sementara itu, presenter program acara Kick Andy dan juga founder BenihBaik Andy F. Noya turut mengekspresikan dukungan terhadap gerakan ini. Melalui Gerakan Oxygen For Indonesia, ia merasakan semangat gotong royong yang luar biasa besar, yang menyatukan orang-orang yang terketuk hatinya untuk berbuat baik.

"Karena itu sebagai pribadi dan founder BenihBaik, saya siap bergabung dan mendukung sepenuh hati gerakan untuk pemulihan Indonesia ini. Saya juga ingin mengajak teman, relasi, perusahaan-perusahaan, yayasan, dan komunitas untuk bergabung, mengulurkan tangan guna menyukseskan Gerakan Oxygen For Indonesia. Ayo kita tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan,” tambah Andy.

Dengan bergabungnya rekan-rekan figur publik, diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dari gerakan ini dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu kebutuhan oksigen di Indonesia. Hingga 26 Juli 2021, kontribusi dari para publik figur untuk menggalang dana melalui metode crowdfunding ini membantu mencapai total keseluruhan donasi Rp 3.589.596.427. Sementara itu, keseluruhan total donasi Oxygen For Indonesia termasuk dari perusahaan maupun institusi adalah USD 1.710.710.

"Aku mau sampaikan terima kasih banyak sama semua yang sudah ikut bergotong royong untuk mengadakan oxygen concentrator ini. Aku salut banget sama tiga ribu lebih orang baik yang sudah berdonasi. Perjalanan kita masih panjang. Berapapun donasi yang sudah diberikan pasti sangat membantu, tidak hanya untuk pasien Covid-19 tapi juga keluarga-keluarga mereka", ujar Rachel Vennya, Instagrammer yang turut menjadi fundraiser dalam koalisi ini.

"Ada di kondisi krisis seperti sekarang pasti ga mudah, tapi aku salut banget sama ribuan orang baik yang sudah berdonasi untuk penyediaan oxygen concentrator ini. Terima kasih banget atas kebaikannya. Perjuangan kita baru dimulai, aku gak lelah mengajak kalian untuk terus berdonasi membantu jutaan saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan oksigen," tambah Atta Halilintar, Youtuber Indonesia yang ikut gerakan ini sejak awal.

Rekomendasi