3 Tanda Tubuh Membutuhkan Istirahat, Jangan Terlalu Memaksakan Diri

| 31 Jul 2021 08:05
3 Tanda Tubuh Membutuhkan Istirahat, Jangan Terlalu Memaksakan Diri
Tanda tubuh butuh istirahat (Foto: Unsplash.com/adrian)

ERA.id - Ada kalanya seseorang merasa tidak semangat menjalani hari padahal kondisi tubuh dalam keadaan baik-baik saja. Momen tersebut bisa jadi merupakan tanda awal bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat sejenak.

Jika sudah merasa lelah dan menuntut diberikan istirahat ada baiknya untuk dilakukan pemulihan agar semangat bisa bangkit dan tubuh serta pikiran dapat bekerja optimal.

Dilansir dari Toughmudder.com, inilah beberapa tanda untuk mengetahui bahwa tubuh kamu sedang lelah dan membutuhkan istirahat, terlebih di kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

1. Suasana hati yang selalu negatif

Kelelahan yang dialami oleh tubuh dapat diketahui dengan suasana hati seseorang. Kelelahan tubuh membuat seseorang merasakan intensitas ketegangan yang tinggi dan cepat menimbulkan perasaan atau suasana yang negatif.

Seseorang dalam kondisi ini cenderung melontarkan amarahnya pada hal atau orang lain, yang sebenarnya ia sendiri tak memiliki alasan untuk marah. Emosi yang tidak stabil dan suasana hati selalu berubah menjadi tanda awal kamu butuh untuk istirahat.

2. Kehilangan konsentrasi

Tanda tubuh butuh istirahat (Foto: Unsplash.com/timgouw)

Jika dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari kamu sulit untuk berkonsentrasi, itu sudah menjadi tanda bahwa tubun sedang mengalami kelelahan. Konsentrasi yang sulit didapatkan saat tubuh kelelahan artinya juga sudah mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Maka, usahakanlah untuk ambil waktu rehat sejenak ketika konsentrasimu selalu buyar. Memaksakan diri untuk terus bekerja yang menguras pikiran untuk berkonsentrasi saat tubuh lelah akan memperparah keadaanmu. Jadi, yuk jangan paksa dirimu dan istirahatlah.

3. Merasakan sakit pada beberapa bagian tubuh

Tanda tubuh butuh istirahat (Foto: Unsplash.com/molnar)

Jika merasakan sakit pada beberapa bagian tubuh, seperti nyeri otot dan sakit kepala itu juga merupakan tanda bahwa kamu perlu untuk rehat dan memulihkan diri. Rasa sakit yang ada adalah cara tubuh memberi tahu bahwa ia membutuhkan pemulihan dan memperbaiki energi yang ia miliki.

Luangkan waktu untuk beristirahat dan konsumsi makanan-makanan yang bergizi untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa tanda tubuh sedang membutuhkan istirahat. Yuk, pahami dan lekas beristirahatlah jika sedang mengalaminya.

Rekomendasi