Cocok Dikonsumsi di Masa Pandemi Covid-19, 12 Makanan Protein Tinggi Ini Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

| 14 Aug 2021 08:05
Cocok Dikonsumsi di Masa Pandemi Covid-19, 12 Makanan Protein Tinggi Ini Bisa Meningkatkan Imun Tubuh
Mie dan udang (Foto: Pexels/Dana Tentis)

ERA.id - Beragam upaya dilakukan seseorang untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Covid-19. Masyarakat mulai membiasakan diri dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat. Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat rupanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan yang mengandung protein tinggi rupanya berfungsi untuk menjaga atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel-sel, hingga menjaga daya tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit. Dilansir dari hellosehat pada Jumat (13/3/2021), berikut 12 makanan protein tinggi yang bisa meningkatkan imun tubuh.

1. Telur

Telur (Foto: Pexels/Trang Doan)
Telur (Foto: Pexels/Trang Doan)

Telur adalah salah satu makanan sehat dan paling bergizi karena mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang berguna untuk melindungi mata dan nutrisi otak.

Satu telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Bila ingin mendapatkan sumber yang lebih baik, konsumsilah putih telurnya, karena bagian ini mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kuning telur.

2. Kacang almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang paling populer karena mengandung nutrisi penting termasuk serat, vitamin E, mangan dan magnesium. Kadar protein yang ada pada makanan yang satu ini mencapai 6 gram per 1 ons.

3. Dada ayam

Dada ayam (Foto: Pexels/Pixabay)
Dada ayam (Foto: Pexels/Pixabay)

Dada ayam sangat mudah untuk dimasak, dengan catatan Anda mampu memasaknya dengan benar. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 284 kalori.

4. Gandum

Gandum juga termasuk makanan paling sehat karena banyak mengandung serat sehat, magnesium, mangan, vitamin B1 dan beberapa nutrisi lainnya. Kadar protein yang terkandung dalam gandum mentah adalah 13 gram dan 303 kalori.

5. Keju cottage

Keju cottage (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)
Keju cottage (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Keju cottage merupakan jenis keju yang cenderung sangat rendah lemak dan kalori. Secangkir keju cottage dengan 2% lemak menganduk 27 gram protein yang termasuk tinggi dan 194 kalori. Tak hanya protein, keju ini juga mengandung kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, vitamin B2 dan berbagai nutrisi lainnya.

6. Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang mengandung protein. Selain kaya nutrisi, rasanya yang lezat serta teksturnya yang lembut membuat makanan satu ini menjadi banyak favorit. Sekitar 170 gram penyajian yogurt mengandung 17 gram protein yang termasuk tinggi dan 100 kalori.

7. Susu

Susu (Foto: Pexels/Burst)
Susu (Foto: Pexels/Burst)

Susu adalah minuman yang sangat bergizi, tapi masalahnya, sebagain orang dewasa kurang suka dengan minuman ini. Minuman produk sapi ini mengandung banyak nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia karena sarat kalsium, fosfor dan vitamin B2. Secangkir susu dengan lemak 1% mengandung 8 gram protein dan 103 kalori.

8. Daging sapi

Daging sapi tanpa lemak memiliki protein yang tinggi, terlebih rasanya pun juga lezat. Penyajian sebesar 85 ons diperkirakan mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

9. Udang

Udang (Foto: Pexels/Jonathan Borba)
Udang (Foto: Pexels/Jonathan Borba)

Hampir semua makan laut merupakan makanan sumber protein tinggi yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Meskipun udang rendah kalori tetapi sarat dengan berbagai nutrisi seperti selenium, vitamin B12 dan lemak omega-3. Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori.

10. Ikan tuna

Ikan tuna memiliki lemak dan kalori yang rendah sehingga sebagian besar yang terkandung dalamnya adalah protein dengan kadar tinggi. Seperti ikan lainnya, tuna mengandung nutrisi yang kaya akan lemak omega – 3. Dalam 1 ons una mengandung 30 gram protein dan 157 kalori.

11. Tempe

Siapa yang tak suka tempe? Makanan yang merupakan olahan dari fermentasi kedelai ini juga tinggi akan kandungan protein. Dalam 100 gram tempe, kandungan proteinnya mencapai 20,8 gram protein. Selain itu, tempe juga mengandung karbohidrat, serat, kalsium, vitamin B, dan zat besi.

12. Tahu

Tak hanya tempe, tahu juga mengandung protein yang cukup tinggi. Pada penyajian 100 gramnya, tahu mengandung protein sebanyak 8 gram. Sama seperti tempe, tahu bisa diolah menjadi berbagai makanan dan bisa menjadi pengganti protein hewani bagi Anda yang tidak makan daging.

Rekomendasi