Studi: Sebagia Besar Anak-Anak Tak akan Mengalami Long COVID-19

| 14 Aug 2021 17:58
Studi: Sebagia Besar Anak-Anak Tak akan Mengalami Long COVID-19
Ilustrasi anak alami pandemi Covid-19 (Unsplash/Andre Ouelle)

ERA.id - Sebagian besar anak-anak pulih dari COVID-19 dalam sepekan dan tak mengalami long COVID-19, menurut sebuah studi dari Inggris.

Para peneliti dari The Lancet Child and Adolescent Health menemukan, hanya sekitar 4,4 persen dari 1.734 anak-anak yang mengalami gejala COVID-19 selama lebih dari empat minggu.

Gejala yang paling sering dialami yakni kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan kemampuan indra penciuman.

Seperti dikutip Antara, untuk sampai temuan ini, mereka melibatkan 250.000 anak di Inggris yang berusia 5-17 tahun pada September 2020 dan 22 Februari 2021.

“Data ini meyakinkan keluarga, orang tua, guru, dan anak-anak yang terkena dampak,” kata profesor endokrinologi klinis dari King's College London dan penulis utama studi, Emma Duncan, seperti dikutip dari Time, Sabtu (14/8/2021)

Temuan studi ini muncul di tengah perdebatan tentang seberapa luas vaksinasi remaja. Sejauh ini, pihak berwenang Inggris hanya akan menargetkan anak-anak berusia 12 -17 tahun dengan kondisi kesehatan mendasar untuk mendapatkan suntikan COVID-19.

Analisis dilakukan sebelum varian delta yang menyebar cepat menjadi dominan di Inggris. Tim peneliti mengatakan, data yang berkaitan dengan varian delta pada anak-anak sejauh ini cocok dengan apa yang terlihat dengan varian sebelumnya.

Rekomendasi