Mengenal Rosacea, Penyakit Kulit yang Diidap oleh Maia Estianty

Penyakit rosacea (Foto: Unsplash.com/yuliya)

ERA.id - Maia Estianty baru-baru ini mengungkapkan fakta mengejutkan mengenai dirinya. Ia mengungkapkan bahwa selama ini ia mengidap penyakit rosacea, penyakit kulit yang cukup sulit untuk disembuhkan.

Dengan memiliki penyakit ini, kulit Maia sering mengalami kemerahan yang biasanya berbentuk bintik seperti jerawat. Untuk lebih lengkapnya, yuk kenal lebih dalam mengenai rosacea, penyakit kulit yang diidap oleh Maia Estianty, dilansir dari Medical News Today.

1. Apa itu rosacea?

Rosacea merupakan gangguan pada kulit terutama bagian wajah, yang ditandai dengan kulit kemerahan yang berbentuk bintik menyerupai jerawat. Rosacea kebanyakan diidap oleh kaum perempuan dibandingkan laki-laki.

Penyakit ini biasanya muncul setelah melewati usia 30 tahun. Ciri orang yang biasa terkena penyakit ini adalah yang memiliki kulit terang.

2. Penyebab rosacea

Mengenal rosacea (Foto: Unsplash.com/engin)

 

Untuk penyebab timbulnya penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun terdapat dugaan bahwa penyakit ini muncul berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan.


Adapun faktor yang diduga sebagai penyebab terjadinya mulai dari paparan langsung sinar matahari, angin, hingga suhu udara yang panas atau dingin.

Bisa juga terjadi karena adanya kelainan pada pembuluh darah, mengalami gigitan tungau, mengalami efek samping dari produk perawatan wajah, kulit sensitif akan bakteri, dan bisa terjadi karena stres.

3. Gejala yang ditimbulkan

Para penderita penyakit ini biasanya mengalami gejala yang mudah diketahui saat penyakitnya kambuh. Seperti kulit kemerahan, terutama pada bagian wajah. Kemerahan ini mungkin tampak seperti blush atau merah karena paparan sinar matahari yang sulit dihilangkan. Ini terjadi karena pembuluh darah membengkak sehingga tampak jelas.

Kulit wajah membengkak terasa seperti perih dan terbakar. Kulit terasa kering, kasar, dan kadang terasa bersisik. Timbul bintik jerawat yang kadang berisi nanah. Tak hanya di kulit, gejala penyakit ini juga bisa menimbulkan iritasi pada mata, yang membuat mata merah, berair, dan gatal.

4. Pengobatan rosacea

Pengobatan rosacea bukanlah untuk menyembuhkan karena penyakit ini cukup sulit untuk dihilangkan. Pengobatan rosacea lebih untuk meredakan gejala yang timbulkan saat ia kambuh.

Pengobatan yang biasa disarankan oleh dokter adalah menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit muncul. Gunakan produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit sensitif. Gunakan pakaian tertutup saat cuaca dingin, dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Untuk konsumsi obat, akan diberikan oleh dokter setelah pasien memeriksakan diri. Diketahui obat yang biasa digunakan untuk rosacea lebih ke antibiotik, salep atau krim, dan obat tetes mata.

Tag: Maia Estianty penyakit rosacea penyakit kulit

Bagikan: