Jangan Anggap Sepele, Gigi Berlubang Bisa Berisiko Timbulkan Masalah Jantung

Masalah gigi berlubang (Foto: Unsplash.com/rudifargo)

ERA.id - Menjaga kesehatan mulut dan gigi ternyata tidak bisa dianggap remeh. Jika mulut tidak bersih dan gigi berlubang, segeralah periksakan ke dokter dan dapatkan penanganan secepatnya.

Pasalnya hal itu ternyata bisa menyebabkan banyak masalah pada tubuh, salah satunya jantung. Mulut merupakan bagian tubuh yang paling banyak mengandung kuman, karena tempat masuknya makanan, minuman, bahkan udara yang kotor.

"Mulut itu adalah gerbang masuknya segala macam, makanan, minuman, bahkan terkadang kita bernapas lewat mulut udara di luar tidak bersih sama sekali kita isap, itu jadi tempat berkembangnya mikroorganisme atau bakteri," ujar Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM, saat konferensi pers Pepsodent, pada Kamis (23/9/2021).


Dokter Seno menjelaskan proses terjadinya gigi berlubang. Sisa makanan yang menempel pada gigi adalah penyebab utama gigi berlubang.

Dengan gigi berlubang, maka bakteri yang banyak terdapat dalam mulut bisa masuk ke dalam tubuh lewat aliran darah. Bakteri itu nantinya bisa menyerang berbagai bagian tubuh penting, terutama jantung dan itu sangat berbahaya.

"Makanan yang menempel pada gigi atau gusi itu berfermentasi, ini jadi proses kerusakan gigi. Proses berlubangnya gigi ini terus berlanjut ke dalam gigi itu sendiri, masuk ke dalam kulva," kata dokter Seno.

"Peradangan nanti terjadi membuka pembuluh darah untuk bakteri masuk ke dalam lewat aliran darah dan bisa masuk ke jantung. Ini sangat berbahaya," lanjutnya.

Dengan bahaya yang bisa mengancam nyawa itu, maka sangat disarankan untuk seseorang yang mengalami gigi berlubang segera memeriksakannya ke dokter. Lakukanlah penambalan pada gigi untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah atau penyakit.

"Kalau kita tidak menjaga dengan baik gigi itu, maka sulit. Kalau sudah berlubang langsung ke dokter, jangan sampai bakteri masuk ke dalam sistem aliran darah. Kalau sudah masuk, ya penyakit-penyakit lain akan muncul. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan mulut dan kesehatan gigi," pungkas dokter Seno.

Tag: penyakit jantung Gigi berlubang tambal gigi kebersihan mulut

Bagikan: