Berbagai Kebiasaan yang Merusak Gigi, Hentikan Sekarang meski Tampak Sepele (MINGGU)

| 12 Nov 2023 18:07
Berbagai Kebiasaan yang Merusak Gigi, Hentikan Sekarang meski Tampak Sepele (MINGGU)
Ilustrasi es batu (pexels)

ERA.id - Kesehatan mulut dan gigi bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan gigi tak cukup hanya dengan menyikat gigi. Anda juga perlu menghindari berbagai kebiasaan yang merusak gigi.

Kebiasan-kebiasaan biasanya dianggap sepele, tapi efeknya bisa besar. Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut.

Berbagai Kebiasaan yang Merusak Gigi

  • Ngemil terus-terusan

Kebiasaan ngemil bisa merusak gigi, apalagi jika camilannya mengandung banyak gula. Salah satu risiko yang dihadapi adalah gigi berlubang. Saat sering ngemil, sisa makanannya bisa tertinggal di gigi. Ini menjadi santapan bagi bakteri penyebab gigi berlubang dan menghasilkan asam yang menyerang lapisan terluar gigi.

Anda boleh ngemil, tapi sebaiknya tidak berlebihan. Selain itu, pilih juga camilan yang rendah gula dan lemak. Selain itu, berkumurlah setelah Anda menyantap sesuatu agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

  • Menjadikan gigi sebagai alat

Gigi hadir untuk melumat makanan yang dikunyah. Namun, kadang kita juga menjadikannya alat untuk membuka kemasan plastik atau membuka botol. Ada berbagai risiko yang dihadapi dari kebiasaan ini, seperti gigi patah, rahang terluka, atau menelan sesuatu yang tak seharusnya ditelan.

  • Mengunyah es batu

Sebagian orang punya kebiasaan unik berupa mengunyah es batu. Ini adalah kebiasaan yang bisa membuat gigi rusak. Es adalah kristal, begitupun email gigi. Saat kedua kristal diadu, salah satunya akan pecah.

  • Makan/minum manis sebelum tidur

Makan atau minum manis sebelum tidur tanpa dilanjutkan dengan pembersihan gigi bisa membuat gigi rusak. Minuman manis tidak hanya yang the manis atau es buah, tapi bisa juga berupa susu.

Jika sisa gula dari makanan/minuman manis dibiarkan di mulut selama semalaman dan dilakukan berkali-kalu, hal ini bisa meningkatkan risiko gigi rusak. Dalam jangka panjang, enamel gigi terkikis dan bisa menyebabkan gigi berlubang.

  • Menggigit pensil atau kuku

Saat seseorang gugup, salah satu kebiasaan yang bisa muncul adalah mengigit pensil atau kuku. Ini perlu dihindari sebab bisa merusak gigi, bahkan berisiko memengaruhi bentuk rahang. Kebiasaan menggigit kuku dalam waktu lama bisa menekan rahang dan berisiko menyebabkan disfungsi rahang.

  • Sikat gigi dengan tidak benar

Sikat gigi bisa membersihkan gigi dan mulut, tapi juga bisa merusak gigi jika dilakukan dengan salah. Menyikat gigi dengan salah bisa menumpuk sisa-sisa makanan di sela-sela gigi dan nantinya bisa membusuk dan menyebabkan gigi berlubang.

Selain sikat gigi dengan teknik yang benar dan rutin (dua kali sehari), Anda juga perlu mengganti sikat gigi. Gantilah sikat setiap 3 atau 4 bulan sekali.

Ilustrasi menggosok gigi dengan benar (pexels)
  • Sikat gigi terlalu keras

Anda perlu membiasakan menyikat gigi dua kali sehari dengan durasi dua menit setiap menyikat gigi. Namun, sikatlah gigi dengan benar dan lembut. Menyikat gigi dengan keras bisa merusak gigi dan mengiritasi gusi. Anda juga bisa memilih sikat yang lembut.

Itulah berbagai kebiasaan yang merusak gigi. Untuk mendapatkan infor menarik lainnya, ikuti terus Era.id.  

Rekomendasi