6 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setiap Hari untuk Kesehatan Otak Lebih Baik

| 09 Oct 2021 07:11
6 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setiap Hari untuk Kesehatan Otak Lebih Baik
Salmon (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

ERA.id - Otak adalah organ yang sangat penting. Ini adalah pusat kendali tubuh dan memungkinkanmu untuk bergerak, berpikir, merasakan, bernapas, dan banyak lagi. Karena otak memiliki pekerjaan yang begitu besar, sangat penting bagi kita untuk menyediakannya dengan banyak bahan bakar dan nutrisi untuk membantunya berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

Makanan yang kita makan memainkan peran besar dalam struktur dan kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin, mineral, antioksidan, flavanol, polifenol, dan asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kesehatan otak secara keseluruhan. Berikut adalah enam hal yang harus kamu makan untuk kesehatan otak yang lebih baik, seperti dilansir dari Eating Well.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau (Foto: Pexels/Cats Coming)
Sayuran hijau (Foto: Pexels/Cats Coming)

Sayuran hijau, seperti kangkung dan bayam, dikemas dengan nutrisi, termasuk vitamin K, beta karoten (pendahulu vitamin A), folat, dan vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan telah dikaitkan untuk mencegah penurunan kognitif pada populasi yang menua.

Vitamin K dan beta karoten juga telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak dengan membantu mencegah kehilangan memori dan meningkatkan kognisi. Meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau tidak harus sulit. Kamu dapat mencoba menambahkan segenggam sayuran saat menyiapkan smoothie atau menambahkan satu porsi sayuran ke resep casserole favoritmu.

2. Daging domba

Domba bermanfaat untuk kognisi jangka panjang. Menurut sebuah penelitian, konsumsi domba setiap minggu, tetapi bukan daging merah lainnya, dapat meningkatkan kognisi jangka panjang. Studi 10 tahun mencatat peningkatan skor kecerdasan cairan pada individu yang mengonsumsi makanan tertentu, termasuk daging domba. Domba diproduksi di setiap negara bagian di Amerika Serikat dan tersedia sepanjang tahun, yang memudahkan untuk menambahkannya ke dalam makanan. Coba tambahkan domba ke resep rebusan favorit atau masak di atas panggangan.

3. Telur

Telur (Foto: Unsplash/Jonathan Cooper)
Telur (Foto: Unsplash/Jonathan Cooper)

Telur mungkin adalah makanan sarapan paling populer—dan untuk alasan yang bagus. Mereka tidak mahal dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, terutama dalam hal kesehatan otak. Tahukah kamu bahwa konsumsi telur secara teratur dapat meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa?

Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik kolin. Kolin dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak, seperti menjaga memori dan komunikasi antara sel-sel otak. Meskipun telur biasanya disajikan saat sarapan, kamu dapat menikmatinya di makanan apa pun. Coba gunakan telur untuk membuat quiche makan malam yang gurih, atau puding krim yang luar biasa untuk pencuci mulut.

4. Salmon

Salmon umumnya dikenal sebagai sumber protein yang hebat, tetapi tahukah kamu bahwa itu juga bagus untuk kesehatan otak? Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Selain meningkatkan kesehatan otak, asam lemak ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan radang sendi.

Salmon dapat disiapkan dengan berbagai cara. Ini dapat dibakar dan dipasangkan dengan sajian sayuran yang lezat atau ditambahkan ke hidangan pasta favorit. Walnut-Rosemary Crusted Salmon bintang lima kami akan membantu meningkatkan asupan omega-3 dengan cara yang lezat.

5. Blueberry

Blueberry (Foto: Pexels/Brigitte Tohm)
Blueberry (Foto: Pexels/Brigitte Tohm)

Buah beri bermanfaat untuk kesehatan otak, blueberry berada di urutan teratas daftar. Mereka menyumbangkan nutrisi penting bagi tubuh, termasuk vitamin C, vitamin K, mangan, dan fitonutrien. Nutrisi ini membantu merangsang aliran darah dan oksigen di otak, menghasilkan peningkatan konsentrasi.

Makanan yang mengandung berbagai sayuran dan buah-buahan, seperti blueberry, dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari gangguan kognitif terkait usia, demensia dan penyakit Alzheimer. Ada banyak cara untuk menikmati buah yang lezat ini—coba tambahkan segenggam ke dalam resep smoothie atau haluskan beberapa buah beri untuk membuat selai chia blueberry yang lezat.

6. Kacang kenari

Kacang adalah tambahan yang bagus untuk diet apa pun, tetapi yang paling berkontribusi terhadap kesehatan otak adalah kenari. Jika dibandingkan dengan kacang lainnya, kenari menawarkan antioksidan dua kali lebih banyak. Mereka dikemas dengan DHA, yang merupakan asam lemak omega-3 yang melawan penurunan kognitif dengan menekan peradangan dan stres oksidatif. Peradangan dan stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan demensia. Bukti menunjukkan bahwa makan sekitar 1 hingga 2 ons kenari per hari dapat meningkatkan fungsi kognitif. Coba tambahkan satu porsi kenari ke dalam salad yang lezat atau padukan dengan berbagai sayuran panggang.

Rekomendasi