Menghambat Penurunan Berat Badan, 5 Buah Yang Harus Kamu Hindari Saat Menjalani Program Diet

Tim Editor

Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)

ERA.id - Menurunkan berat badan memang membutuhkan kesabaran, dan banyak kerja keras untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ini mengharuskanmu untuk terlibat dalam aktivitas fisik, dan yang paling penting makan makanan yang sehat. Orang menjalankan diet biasanya dianjurkan mengonsumsi buah-buahan segar hingga sayuran untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Namun tahukah kamu, tidak semua buah dikonsumsi dapat menurunkan berat badan. Meskipun dianggap sehat, beberapa buah tidak masuk dalam daftar makanan yang membantumu menurunkan berat badan secara efisien. Sebab, sejumlah buah ini terlalu manis dan memiliki jumlah kalori yang tinggi. Berikut 5 buah yang dihindari jika kamu sedang diet, seperti dilansir dari ndtv.

1. Alpukat

Alpukat (Foto: Pexels/ready made)
Alpukat (Foto: Pexels/ready made)

Setiap buah berkalori tinggi harus dikonsumsi lebih sedikit. Salah satu buah berkalori tinggi adalah alpukat. 100 gram alpukat mengandung sekitar 160 kalori. Meskipun alpukat adalah sumber lemak sehat yang baik, alpukat dapat meningkatkan jumlah timbanganmu dengan mudah jika dikonsumsi melebihi jumlah yang wajar. Ini tidak berarti kamu benar-benar membuat dietmu gagal. Yang terbaik adalah makan buah ini dalam jumlah sedang.

2. Anggur

Meskipun bagus untuk kesehatan, anggur sarat dengan gula dan lemak, yang menjadikannya salah satu buah yang dihindari saat menjalani diet penurunan berat badan yang ketat. 100 gram anggur mungkin mengandung 67 kalori, dan 16 gram gula, yang berarti jika kamu mengonsumsi terus menerus dapat menyebabkan penambahan berat badan.

3. Buah kering

Buah kering (Foto: Pexels/Naim Benjelloun)
Buah kering (Foto: Pexels/Naim Benjelloun)

Buah-buahan kering seperti plum, kismis, dan lain-lain memiliki lebih banyak kalori karena tidak mengandung air. Satu gram kismis mungkin mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan anggur. Sekitar satu cangkir kismis mengandung 500 kalori dan satu cangkir plum mengandung lebih dari 450 kalori, jumlah yang lebih banyak bisa menaikkan berat badanmu. Yang terbaik adalah makan buah-buahan kering dalam jumlah terbatas.

4. Pisang

Pisang sangat sehat, tetapi itu adalah sesuatu yang tidak boleh kamu konsumsi secara berlebihan. Pisang sarat dengan kalori dan memiliki gula alami yang berlebihan di dalamnya. Satu buah pisang memiliki sekitar 150 kalori, yaitu sekitar 37,5 gram karbohidrat. Jadi, jika kamu termasuk orang yang mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap hari, kemungkinan besar hal ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Yang terbaik adalah konsumsi hanya satu pisang dalam sehari. Sebab indeks glikemiknya rendah, pisang sebenarnya bisa menjadi camilan sehat jika dinikmati dalam jumlah sedang.

5. Mangga

Mangga (Foto: Pexels/Riki Risnandar)
Mangga (Foto: Pexels/Riki Risnandar)

Buah-buahan tropis seperti nanas dan mangga mungkin memiliki kalori tersembunyi yang dapat menghambat rencana penurunan berat badan. Yang terbaik adalah menghindari buah-buahan ini, apalagi jika rasanya yang terlalu manis.

Semua buah ini sehat, dan kamu tidak perlu takut mengonsumsinya. Tetapi memakannya dalam jumlah besar dapat memperlambat perjalanan penurunan berat badanmu. Yang terbaik adalah berlatih mengontrol porsi dan menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Tag: tips diet program diet buah gagal diet

Bagikan: