Harus Dihindari, 5 Makanan Ini Nggak Baik Dimakan Berbarengan dengan Teh

Tim Editor

Teh manis (Foto: Pexels/Mareefe)

ERA.id - Sebagian orang mempunyai kebiasaan meminum teh bersamaan dengan makan. Memang, minum teh adalah bagian dari keseharian dari banyak orang. Banyak di rumah makan, akan menyajikan teh usai makan. Meski terdengar biasa saja, siapa sangka meminum teh sebelum atau sesudah makah bukan hal baik bagi beberapa makanan ini.

Seperti halnya, makanan berserat yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan teh. Lantas makanan apalagi yang tak boleh dimakan bareng teh? Berikut 5 makanan ini tak boleh dimakan bersamaan dengan teh, seperti dilansir dari Times of India.

1. Sayuran kaya zat besi

Brokoli (Foto: Pexels/Cats Coming)
Brokoli (Foto: Pexels/Cats Coming)

Sayuran sarat kaya zat besi, seperti kale dan brokoli sebaiknya tidak dikonsumsi bareng secangkir teh. Ini karena teh mengandung tanin dan oksalat yang menghalangi penyerapan zat besi dari makanan. Senyawa ini dapat mengikat zat besi dengan mereka yang mencegah penyerapan dalam darah.

2. Kacang-kacangan

Kamu juga harus menghindari memasangkan makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, lentil dan sereal dengan secangkir teh.

3. Kunyit

Kunyit  (Foto: Pexels/Marta Branco)
Kunyit  (Foto: Pexels/Marta Branco)

Makanan yang mengandung kunyit harus dihindari saat minum teh karena ini juga dapat menyebabkan masalah perut seperti gas, keasaman atau sembelit. Kunyit dan daun teh tidak cocok satu sama lain dan mungkin berbenturan, menyebabkan gangguan.

4. Gorengan

Kudapan terbuat dari tepung seperti gorengan sebaiknya jangan dikonsumsi bersamaan dengan teh panas. Percampuran teh dan tepung dalam sajian rupanya memiliki efek samping bagi sebagian orang. Makan gorengan sambil minum teh dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan dan kombinasi ini juga mengurangi kemampuan tubuh menyerap jumlah nutrisi.

5. Kudapan dingin

Es krim (Foto: Pexels/Dina)
Es krim (Foto: Pexels/Dina)

Jangan pernah menyantap kudapan dingin dengan teh panas karena dapat mengganggu proses pencernaan. Mengkonsumsi makanan dengan suhu berbeda secara bersamaan dapat melemahkan proses pencernaan dan mungkin membuat mual. Hindari sesuatu yang dingin setidaknya selama 30 menit setelah minum teh hangat.

Tag: teh makanan makanan berbahaya

Bagikan: