Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari ketika Perut Kosong yang Jarang Diketahui Orang

| 07 Oct 2023 07:10
Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari ketika Perut Kosong yang Jarang Diketahui Orang
Makanan dan minuman yang perlu dihindari ketika perut kosong (unsplash)

ERA.id - Perut kosong seringkali membuat kita merasa lapar dan ingin segera mengisi perut dengan makanan atau minuman. Namun, terdapat makanan dan minuman yang perlu dihindari ketika perut kosong lho.

Artikel ini akan membahas jenis-jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari saat perut Anda sedang kosong, apa saja?

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari ketika Perut Kosong

1. Makanan Pedas 

Mengkonsumsi rempah-rempah dan cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung, yang dapat menyebabkan reaksi asam dan kram. Mereka memiliki sifat pedas dan dapat memicu gangguan pencernaan.

2. Makanan atau Minuman Manis

Meskipun sebagian besar dari kita berpikir bahwa sehat untuk minum segelas jus buah saat memulai hari, hal ini mungkin tidak selalu benar. 

Dr. Rupali menyarankan untuk tidak memulai hari dengan segelas besar jus buah karena itu dapat memberikan beban tambahan pada pankreas yang baru bangun setelah beristirahat beberapa jam. 

Dengan perut kosong, gula dalam bentuk fruktosa dalam buah-buahan dapat memberikan beban berlebih pada hati Anda. Gula olahan bahkan lebih buruk, jadi hindari makanan penutup sarapan atau smoothie yang terlalu manis.

3. Minuman Bersoda

Memang minuman bersoda buruk untuk kesehatan, namun lebih buruk jika dikonsumsi saat perut kosong. Hal tersebut karena asam karbonasi campur dengan asam lambung menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mual dan gas. 

Perlu diketahui, lambung Anda mengeluarkan asam untuk membantu pencernaan makanan. Apabila tidak ada makanan di perut Anda, dan Anda memasukkan asam tambahan ke dalam sistem pencernaan maka dapat menyebabkan kram atau nyeri perut.

4. Minuman Dingin

Anda mungkin pernah mendengar bahwa yang terbaik adalah memulai hari dengan air hangat dan madu, namun banyak dari kita justru tergoda untuk minum segelas kopi dingin. 

Perlu diketahui, meminum minuman dingin saat perut kosong dapat merusak selaput lendir Anda dan membuat pencernaan melambat sepanjang hari. Sedangkan minuman hangat membantu memulai sistem dan metabolisme Anda.

5. Buah Citrus

Buah selalu menyehatkan jika dimakan pada waktu yang tepat. Nah, mengonsumsi buah-buahan seperti citrus saat perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung. 

Selain itu, terlalu banyak serat dan fruktosa dalam buah-buahan juga dapat memperlambat sistem pencernaan jika dimakan saat perut kosong. Untuk itu, Anda sebaiknya hindari makan buah dengan serat kasar seperti guava dan jeruk pada pagi hari.

fruktosa dalam buah-buahan juga dapat memperlambat sistem pencernaan (unsplash)

6. Sayuran Mentah

Sayuran mentah atau salad mungkin bukan hal terbaik untuk dimakan saat perut kosong. Sayuran mentah penuh serat kasar yang dapat memberikan beban tambahan pada perut kosong. 

Selain itu, sayuran mentah juga dapat menyebabkan kembung dan nyeri perut jika dimakan saat perut kosong.

7. Kopi

Memulai hari dengan secangkir kopi adalah praktik yang sangat umum. Kebiasaan ini tampaknya menjadi kebiasaan bagi banyak orang setelah bangun dari tidur.

Padahal minum kopi saat perut kosong dapat menyebabkan keasaman berlebih. Reaksi ini merangsang sekresi asam hidroklorik dalam sistem pencernaan yang dapat menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

Selain makanan dan minuman yang perlu dihindari ketika perut kosong, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi