Menimbulkan Risiko Kesehatan, Sebaiknya Jangan Pernah Simpan 8 Makanan Ini di Dalam Freezer

Tim Editor

Ilustrasi masukkan makanan dalam kulkas (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

ERA.id - Mungkin banyak orang berpikir makanan yang disimpan dalam freezer dapat mencegah pemborosan makanan.

Mungkin ada benarnya, supaya makanan tetap awet dan tidak perlu membeli lagi. 

Tetapi, kamu harus hati-hati, karena beberapa makanan dapat berubah menjadi kotor dan menimbulkan risiko kesehatan jika taruh freezer.

Selain menimbulkan risiko kesehatan, sejumlah makanan ini membuat makanan jadi tak enak lagi. Apa pun situasinya, sebaiknya kamu tidak boleh menyimpan makanan ini di dalam freezer dengan cara apa pun. Berikut 8 makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam freezer, seperti dilansir dari Times of India.

1. Timun

Timun (Foto: Pexels/Ellie Burgin)
Timun (Foto: Pexels/Ellie Burgin)

Ketika timun disimpan dalam jumlah banyak di dalam freezer, rasanya akan menjadi sangat aneh. Tekstur mentimun juga terpengaruh dan mungkin menjadi lembek saat dicairkan.

2. Telur

Kamu benar-benar akan merusak telur dengan menyimpannya di dalam freezer. Ketika telur (dengan cangkangnya) disimpan di dalam freezer, kandungan airnya dapat mengembang yang menyebabkan retakan pada kulit terluar sehingga rentan terhadap beberapa bakteri. Jika kamu harus menyimpan telur di dalam freezer, kamu bisa mengocoknya dengan rata dan menyimpannya dalam wadah kedap udara. Cara ini pastinya menghentikan bakteri untuk beberapa waktu.

3. Buah-buahan

Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)
Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)

Jika kamu menyimpan buah-buahan di dalam freezer, maka buah-buahan terhambat dengan nilai gizinya. Ketika buah-buahan disimpan di dalam freezer, hal itu juga mengeringkannya dari dalam sekaligus memengaruhi rasanya.

4. Gorengan

Makanan yang baru digoreng ketika digoreng dalam jumlah banyak tak boleh ditaruh dalam freezer. Hal ini menyebabkan kesulitan memanaskan kembali dan gorengan akan kehilangan semua kerenyahannya, sehingga menjadi lembek saat digoreng lagi.

5. Spaghetti

Spaghetti (Foto: Pexels/Engin Akyurt)
Spaghetti (Foto: Pexels/Engin Akyurt)

Jika kamu berpikir menyimpan sisa pasta yang dimasak di dalam freezer akan menghilangkan kekhawatiran, maka kamu salah besar. Pasta yang dimasak sepenuhnya akan berubah menjadi lembek saat dipanaskan kembali.

6. Saus tomat

Saat kamu menyimpan saus tomat di dalam freezer, teksturnya juga akan rusak. Sangat disarankan untuk tak menyimpan saus tomat di dalam freezer.

7. Kentang

Kentang (Foto: Pexels/Daisy Anderson)
Kentang (Foto: Pexels/Daisy Anderson)

Kentang dikenal kaya akan kandungan air, dan ketika disimpan di dalam freezer tidak akan memiliki apa pun selain kentang yang lembut dan lembek. Jika kamu berpikir untuk menyimpan sisa kentang yang dimasak di dalam freezer, kentang masih bisa disimpan dan teksturnya juga tidak masalah karena dapat digunakan untuk membuat hidangan casserole.

8. Susu

Susu saat disimpan di dalam freezer akan mengembang seperti soda atau bir lainnya. Alasan yang lainnya adalah susu memiliki 87 persen air di dalamnya. Saat susu sapi dibekukan, teksturnya mungkin banyak berubah dan menjadi kasar serta cair.

Ketika susu beku dicairkan, itu bisa berubah menjadi potongan yang berair. Semakin tinggi kandungan lemak dalam susu, semakin banyak susu akan terpisah. Ini hanya bisa digunakan untuk membuat smoothie atau keperluan memanggang saja.

Tag: keracunan makanan tips bahan makanan makanan tak boleh masukkan freezer

Bagikan: