Aturan Menyimpan Frozen Food yang Tepat Agar Tahan Lama

| 01 May 2023 08:00
Aturan Menyimpan Frozen Food yang Tepat Agar Tahan Lama
Frozen Food (Freepik)

ERA.id - Apakah Anda gemar menyimpan aneka frozen food seperti sosis, nugget, dan sebagainya? Jenis makanan tersebut memang kerap disimpan untuk jangka waktu lama di dalam kulkas. Seperti yang kita tahu, jenis makanan frozen food memang praktis dan digemari oleh banyak orang. Namun, kita tidak bisa menyimpan frozen food secara sembarangan. Sebab ada aturan serta batas waktu yang ditentukan untuk menerapkan hal tersebut. Artikel kali ini akan mengulas tentang aturan menyimpan frozen food yang tepat. Simak caranya di bawah ini:

Simpan dalam freezer

Simpan stok makanan Anda ke dalam freezer agar bertahan cukup lama. Hindari menyimpan stok makanan ke dalam chiller atau kulkas bagian bawah sebab suhu minimal untuk membuat makanan beku bertahan lama adalah -18 derajat celsius.

Simpan pula stok makanan sesuai dengan kapasitas freezer Anda. Hindari menyimpan makanan terlalu penuh sebab akan mengurangi efektivitas pembekuan dalam freezer.

Tandai setiap wadah makanan dengan label

Ketika menyimpan makanan di freezer, Anda juga bisa menyematkan label pada setiap wadahnya. Label ini dapat dituliskan dengan nama makanan dan tanggal pertama kali disimpan serta batas akhir penyimpanan makanan/batas kadaluwarsa.

Hal ini akan memudahkan Anda saat mengambil wadah makanan dan membuat Anda mengetahui kapan makanan harus dibuang ataupun masih bisa dimasak. Sebab, meski masih terlihat baik, tetapi frozen food juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Oleh karena itu, sebaiknya tetaplah untuk lebih hati-hati.

Ilustrasi frozen food (Freepik)

Bagi dalam wadah kecil dan saat memasak langsung habiskan

Jika Anda membeli makanan beku dalam jumlah yang banyak, Anda dapat membaginya ke dalam beberapa wadah agar dapat dimasak dengan lebih mudah suatu saat nanti.

Semua wadah yang dikeluarkan dan dicairkan harus dimasak hingga habis sebab jika disimpan kembali akan membuat rasa dan tekstur frozen food berubah dan tentunya tidak enak lagi untuk disantap.

Simpan dan kelompokkan makanan sesuai jenisnya

Ketika Anda membagi stok makanan Anda ke dalam jumlah kecil, pisahkan juga semua jenis makanan dalam wadah yang berbeda-beda. Cara ini akan membuat rasa makanan tidak tercampur atau terpengaruhi satu dengan yang lain serta menjadikan makanan bertahan lebih lama saat disimpan sehingga saat digoreng/dimasak rasanya tak akan berubah.

Simpan dengan wadah kedap udara

Cara lain yang harus Anda terapkan saat menyimpan apapun termasuk frozen food yaitu memanfaatkan wadah kedap udara. Wadah ini membantu membuat makanan yang Anda simpan tetap mempunyai rasa dan tekstur yang baik walaupun disimpan dalam waktu lama.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan wadah sembarangan untuk menyimpannya sebab akan berpengaruh terhadap kualitas makanan beku yang Anda beli.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak jenis frozen food di pasaran. Pada setiap kemasannya juga sudah dilengkapi tanggal kedaluwarsanya sehingga Anda harus menyimpannya dengan cermat.

Demikianlah aturan menyimpan frozen food yang dapat Anda terapkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi