Bisa Membahayakan Kesehatan, 4 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dikombinasikan dengan Susu

| 17 Dec 2021 07:00
Bisa Membahayakan Kesehatan, 4 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dikombinasikan dengan Susu
Susu (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)

ERA.id - Susu adalah minuman bergizi tinggi karena mengandung berbagai zat makanan lengkap dan seimbang seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Tetapi, ada sejumlah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama susu.

Interaksi antara sejumlah makanan ini dan susu dapat menyebabkan gangguan sistemik dalam tubuh. Impotensi, kebutaan, kegilaan, kemandulan, dan penyakit usus adalah beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh kombinasi makanan yang tidak cocok. Berikut 4 makanan yang sebaiknya tidak dikombinasikan susu karena dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti dilansir dari Thehealthsite.

1. Susu dan buah

Susu dan buah (Foto: Pexels/Adonyi Gábor)
Susu dan buah (Foto: Pexels/Adonyi Gábor)

Memadukan buah-buahan menjadi smoothie memang jadi tren akhir-akhir ini, dan hasilnya menjadikan gambar di posting Instagram jadi bagus. Sebagian besar buah-buahan ini memiliki basis susu seperti susu atau yogurt. Sayangnya, hal ini bisa menjadi bencana bagi kesehatanmu.

Menurut Dr Bhagwati, buah-buahan seperti pisang, stroberi, nanas, limau dan jeruk menghasilkan panas pada pencernaan. Tapi susu memberikan efek pendinginan. Ketika buah-buahan ini dipecah di perut, mereka menjadi asam. Ketika susu dan buah-buahan ini dikonsumsi bersama-sama, kualitasnya yang saling bertentangan dapat memadamkan api pencernaan. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan ketidakseimbangan flora usus. Mencampur susu dan buah-buahan sering menyebabkan pilek, batuk, dahak dan alergi.

2. Susu dan daging

Fitur susu sebagai bahan utama dalam banyak hidangan kontinental. Masalahnya, sebagian besar hidangan ini mengandung makanan daging seperti ayam atau sapi dan sangat dilarang kombinasi dengan susu. Dr Bhagwati mengatakan bahwa susu adalah makanan yang lengkap.

Hal ini juga merupakan makanan terkonsentrasi, yang berarti padat nutrisi. Sistem pencernaan harus bekerja keras untuk memecah susu. Menggabungkannya dengan bentuk lain dari protein pekat seperti daging  memberi banyak tekanan pada sistem pencernaan. Susu tidak seperti makanan lain, tidak dipecah di duodenum usus kecil. Oleh karena itu, ketika susu hadir, perut tidak mengeluarkan cairan pencernaannya.

3. Susu dan ikan

Ikan (Foto: Pexels/Elle Hughes)
Ikan (Foto: Pexels/Elle Hughes)

Makan ikan dengan susu dapat menyebabkan bercak putih pada kulit. Ikan dan susu memiliki rasa manis, tetapi keduanya memiliki potensi yang berlawanan. Ikan panas sementara susu mendingin. Menggabungkan keduanya dapat menyebabkan racun berkembang di dalam tubuh. Racun adalah akar penyebab penyakit.

Kombinasi yang menghancurkan ini dan ama yang dihasilkan dapat mempengaruhi kulit, sehingga menimbulkan kondisi kulit. Juga, keduanya dapat menyebabkan penghalang di berbagai saluran tubuh manusia yang menyebabkan masalah peredaran darah dan kondisi jantung. Hasilnya menjadikan pencernaan yang buruk dan harus menghindari hal ini, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Susu dan garam

Pernah bertanya-tanya mengapa kita selalu minum susu dengan gula dan bukan garam? Itu karena garam dan susu memiliki sifat antagonis atau berlawanan. Ketika susu digunakan untuk bahan dasar berbagai kari dan saus yang gurih, secara tidak sadar menyebabkan kerusakan besar pada tubuh.

Efek buruk dari kombinasi ini mungkin tidak segera muncul dalam sistem, tetapi mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk makan yang buruk agar masalah kesehatan muncul. Jadi pastikan kamu tidak menggabungkan susu dengan bahan makanan ini.

Rekomendasi