Salah Satunya Susu dan Pisang, Inilah 5 Kombinasi Makanan Ini Menyebabkan Masalah Pencernaan

Tim Editor

Kombinasi pisang dan susu (Foto: Pexels/Mike Jones)

ERA.id - Kebanyakan orang sering kombinasi dua jenis makanan untuk membuat hidangan supaya terasa luar biasa. Namun, pernahkah kamu berpikir bagaimana sistem pencernaan bereaksi terhadap kombinasi makanan yang tidak cocok untuk digabungkan?

Meskipun tidak ada batasan untuk eksperimen makanan, ternyata ada makanan tertentu yang disarankan untuk dikonsumsi secara terpisah atau memasangkannya karena dapat menyebabkan masalah pencernaan. Berikut adalah beberapa kombinasi makanan yang dapat membuatmu sakit, seperti dilansir dari Times of India.

1. Makanan atau minuman susu dan jus jeruk

Susu (Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)
Susu (Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Tak heran, menikmati sarapan dengan bubur berbahan dasar susu dan segelas jus jeruk segar memang sangat menggoda. Namun, kombinasi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan kembung.

Ini karena susu membutuhkan waktu lama untuk dicerna, memasangkannya dengan makanan tajam dan sitrus dapat mengentalkan susu. Hal ini menyebabkan mulas, refluks asam dan kembung. Selain itu, jika kamu menderita intoleransi laktosa, sebaiknya hindari susu karena dapat menyebabkan perasaan berat.

2. Dadih dan ikan

Menurut buku Ayurveda, menggabungkan dadih dan ikan dapat mempengaruhi pencernaan. Ini karena dadih berasal dari susu dan memasangkannya dengan sumber protein non-vegetarian seperti ikan atau daging tidak hanya berdampak pada pencernaan, kesehatan usus, tetapi juga menyebabkan masalah kulit.

3. Susu dan pisang

Pisang (Foto: Pexels/Marcus Aurelius)
Pisang (Foto: Pexels/Marcus Aurelius)

Susu dan pisang adalah salah satu kombinasi makanan yang paling disukai untuk meningkatkan kekuatan otot. Tetapi kombinasi ini bersama-sama dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan perasaan kenyang.

Hal ini karena menggabungkan keduanya mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang juga dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan dalam beberapa kasus. Jika masih ingin menggunakan kombinasi ini, kamu bisa menambahkan sedikit kayu manis dan pala atau sejumput bubuk adas ke dalam shake atau smoothie.

4. Tinggi protein

Menggabungkan dua atau lebih makanan kaya protein dalam makanan yang sama tidak hanya akan membuatmu merasa berat dan kembung, tetapi memakan waktu lama untuk dicerna sehingga menyebabkan ketidaknyamanan. Misalnya, mengonsumsi telur, bacon, atau ham dalam makanan yang sama memengaruhi pencernaan.

5. Minuman dingin dan keju

Minuman dan keju (Foto: Pexels/Ray Piedra)
Minuman dan keju (Foto: Pexels/Ray Piedra)

Makanan keju yang dipadukan dengan coke tentu saja merupakan kombinasi yang paling enak. Tetapi hal ini dapat berdampak pada pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan, gas, dan sakit perut. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi keduanya secara bersamaan.

Tag: makanan berbahaya makanan serat kombinasi makanan kombinasi makanan yang berbahaya

Bagikan: