6 Pantangan setelah Makan Durian yang Wajib Dihindari Penikmat Durian

| 13 Jun 2023 07:25
6 Pantangan setelah Makan Durian yang Wajib Dihindari Penikmat Durian
Buah durian (Freepik)

ERA.id - Durian menjadi buah yang digandrungi oleh banyak orang. Buah yang kulitnya berduri tajam ini disukai karena rasanya yang manis legit serta khas dan unik. Aroma buah ini juga sangat semerbak sehingga mudah menggoda para penikmatnya. Namun ada beberapa pantangan setelah makan durian yang perlu dihindari. 

Saking enak dan lezatnya, banyak orang mengonsumsi buah durian secara rakus atau berlebihan. Sekali buahnya yang empuk ini menyentuh lidah, biasanya penikmatnya tidak bisa move on untuk terus melahap durian. Di balik kenikmatannya tersebut, ada sejumlah pantangan setelah makan durian. 

buah durian (Freepik)

Pantangan setelah Makan Durian

Setelah makan buah durian, jangan sampai melupakan sejumlah pantangan yang harus dihindari. Berikut beberapa larangan konsumsi makanan atau minuman tertentu setelah maupun saat melahap durian. 

Minum Kopi 

Mengonsumsi buah durian tidak disarankan bersamaan sambil minum kopi. Sebaiknya Anda juga tidak meneguk kopi setelah makan durian. Jika dilakukan, hal itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Mengonsumsi makanan dan minuman tersebut dapat membuat suhu tubuh jadi meningkat dan rentan mengalami masalah kesehatan, seperti diare, sakit kepala, mual, hingga sakit tenggorokan.

Makan Daging Kambing atau Sapi

Konsumsi makanan yang sifatnya panas setelah makan durian juga dapat membahayakan kesehatan. Anda tidak disarankan untuk makan daging sapi atau kambing setelah melahap duria karena bisa meningkatkan risiko peradangan atau inflamasi, hingga masalah kesehatan lain seperti darah tinggi dan kolesterol. 

Minum Susu

Minum susu sebaiknya tidak dilakukan setelah makan durian maupun bersamaan saat menyantap buah ini. Minum susu dan mengonsumsi durian secara bersamaan atau dalam waktu berdekatan dapat mengakibatkan kadar kafein yang tinggi. Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan risiko kardiovaskular karena tekanan darah tinggi. 

Makan Buah Manggis

Buah durian dan buah manggis sama-sama mengandung selulosa cukup tinggi. Mengonsumsi durian bersamaan makan manggis dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar karena asupan selulosa yang terlalu banyak. 

Minuman  Beralkohol

Setelah makan durian, Anda tidak boleh mengonsumsi minuman beralkohol. Hal itu dapat memicu pecahnya pembuluh darah. Meneguk alkohol setelah menyantap durian juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, terlebih jika makan buah tersebut secara berlebihan. 

Makan Kepiting

Makan durian sebaiknya tidak dibarengi atau diikuti dengan mengonsumsi kepiting. Kedua makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang cukup banyak. Durian dan kepiting butuh waktu lama untuk diproses dalam pencernaan. Mengonsumsi keduanya bisa mengakibatkan terjadinya mual atau sakit perut. 

Demikianlah beberapa pantangan setelah makan durian yang perlu dihindari oleh para penggila buah durian. Selain itu, sebaiknya Anda tidak melahap durian secara berlebihan atau terlalu rakus. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi