Kegiatan Bertambah, Pandemi COVID-19 Buat Banyak Ibu Diterpa Stres dan Kesulitan Tidur

| 20 Dec 2021 14:38
Kegiatan Bertambah, Pandemi COVID-19 Buat Banyak Ibu Diterpa Stres dan Kesulitan Tidur
Ibu stres saat pandemi COVID-19 (Unsplash.com)

ERA.id - Pandemi COVID-19 memang mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan saat ini, mulai dari positif, hingga yang negatif dan merugikan. Seperti terpaan stres dan burnout di masa pandemi merupakan hal yang terbantahkan, tidak terkecuali pada kalangan ibu.

Sosok ibu memainkan multi-peran yang sangat penting dalam keluarga. Mulai dari mengurus rumah, suami,  mengelola kebutuhan rumah tangga, hingga yang terbaru menemani rutinitas anak bersekolah di rumah yang banyak menguras tenaga.

Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan, tak heran banyak ibu yang mengalami depresi. Sebuah survei oleh aplikasi Teman Bumil, pada tahun 2020 lalu mengungkapkan bahwa 50 persen dari 1.192 responden ibu rumah tangga mengaku mengalami gejala stres, kecemasan, sulit tidur, dan mudah marah.

"Suka sedih kalau ada yang memandang ibu rumah tangga sebelah mata. Padahal itu bukanlah tugas yang mudah. Mulai dari mengatur seluruh kebutuhan rumah tanga, mengurus anak dan menyiapkan segala keperluan suami. Terlebih pada masa pandemi ini, di mana kita harus memastikan suami dan anak-anak mendapatkan perhatian ekstra," ujar seorang ibu rumah tangga, Amelia Siska, dalam keterangan tertulis Minyak Angin VFresh Aromatheraphy.

Dengan fakta tersebut, peringatan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember ini pun menjadi momen yang tepat untuk memberikan apresiasi pada seluruh ibu. Momen ini juga turut diramaikan oleh minya aromatherapy VFresh Cap Lang yang membuat kampanye #SaatnyaAdaUntukIbu.

"Kami memahami bahwa peran sebagai ibu rumah tangga bukan perkara mudah. Bahkan mereka jarang menemukan waktu untuk diri sendiri. Melalui kampanye #SaatnyaAdaUntukIbu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk menyuarakan dukungannya untuk para ibu super Indonesia, yang sudah memberikan waktunya bagi keluarga," ujar Senior Brand Manager VFresh Cap Lang, Yanti Oktavia, pada keterangan yang sama.

Bagi para ibu bisa mengurangi rasa stres dan tekanan yang mereka hadapi dengan menggunakan minya aromatherapy, yang memberikan sensasi rasa segar, tenang, dan relaksasi. Dengan demikian, hari yang dijalani bisa lebih lancar, terutama saat momen Hari Ibu yang tiba dua hari lagi.

Rekomendasi