Ketahui Penyebab Sulit Konsentrasi dan Cara Mengatasinya agar Tetap Fokus

| 14 May 2023 17:43
Ketahui Penyebab Sulit Konsentrasi dan Cara Mengatasinya agar Tetap Fokus
Ilustrasi penyebab sulit konsentrasi (Freepik)

ERA.id - Kesulitan berkonsentrasi merupakan kondisi yang kerap dialami oleh banyak orang. Orang-orang yang mengalaminya biasanya akan susah fokus saat melakukan pekerjaan maupun menjalani aktivitas lainnya. Ada sejumlah penyebab sulit berkonsentrasi. 

Apabila sulit konsentrasi dialami satu kali, maka merupakan hal yang normal. Namun apabila kondisi ini terjadi berulang kali maka maka akan mengganggu aktivitas hingga menurunkan produktivitas kerja. Oleh karena itu Anda perlu tahu penyebab sulit konsentrasi dan cara mengatasinya. 

ilustrasi sulit konsentrasi (Freepik)

Penyebab Sulit Berkonsentrasi

Gangguan susah fokus atau sulit konsentrasi berhubungan dengan pikiran. Berikut ini beberapa penyebab orang sulit berkonsentrasi.

Stres

Salah satu penyebab seseorang sulit berkonsentrasi adalah karena stres. Saat sedang stres, kemampuan otak menjadi terganggu sehingga akan membuat seseorang sulit fokus. Selain stres, kesulitan fokus juga bisa disebabkan oleh gangguan psikologis lainnya seperti depresi, bipolar, skizofrenia, dan sebagainya. 

Kurang Tidur

Penyebab lainnya seseorang kesulitan berkonsentrasi adalah karena kurang tidur. Saat jam tidur berkurang atau pola tidur berantakan, maka akan membuat seseorang sulit fokus saat menjalani aktivitas di hari berikutnya. Ketika Anda kekurangan tidur, maka akan mempengaruhi fungsi otak hingga menyebabkan sulit berkonsentrasi. 

Bosan dengan Aktivitas

Rasa bosan juga bisa menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi. Saat Anda bosan dengan pekerjaan atau rutinitas yang dijalani, maka fokus Anda akan mudah teralihkan. Jika sudah merasakan kondisi tersebut, maka Anda perlu mengambil waktu untuk istirahat dan melakukan kegiatan lain yang menyenangkan. 

Terbiasa Overthinking

Overthinking atau berpikir berlebihan juga dapat menyebabkan Anda sulit konsentrasi. Ketika Anda memikirkan suatu masalah secara berulang dan berlebihan, maka Anda jadi susah untuk fokus. Selain itu, overthinking juga meningkatkan rasa cemas, mengganggu kesehatan mental, hingga insomnia. 

Terdistorsi oleh Gadget

Terbiasa bermain gadget secara berlebihan juga menjadi penyebab kesulitan berkonsentrasi. Saat sudah kecanduan gadget, maka Anda akan susah fokus melakukan aktivitas lainnya. Terutama menjalani kegiatan yang membutuhkan kerja pikiran. Selain itu, kecanduan gadget juga dapat membuat kemampuan kognitif menurun dan mengganggu fungsi otak. 

Cara Mengatasi Sulit Konsentrasi

Apabila Anda mengalami kesulitan konsentrasi secara berulang, maka Anda harus segera mengatasinya. Berikut ini beberapa tips meningkatkan konsentrasi yang bisa Anda terapkan. 

  • Memiliki waktu tidur yang cukup
  • Menerapkan pola makan sehat
  • Membatasi penggunaan gadget
  • Rutin berolahraga
  • Beristirahat saat merasa lelah
  • Membuat plan kegiatan
  • Minum air dengan cukup
  • Sesekali pergi liburan

Demikianlah beberapa penyebab sulit berkonsentrasi yang kerap dialami banyak orang. Apabila Anda sulit fokus dan konsentrasi hingga mengganggu aktivitas atau pekerjaan, terapkan sejumlah tips di atas untuk meningkatkan konsentrasi. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman… 

Rekomendasi