Menghilangkan Nyeri, 5 Makanan Penyebab Sakit Kepala

Tim Editor

Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Karolina Grabowska) makanan

ERA.id - Sakit kepala maupun migran adalah kondisi saat timbul rasa sakit dan tidak nyaman di kepala, kulit kepala, atau leher. Nyeri bisa muncul di salah satu sisi kepala, atau di seluruh bagian kepala. Selain mengonsumsi obat pereda sakit kepala, kamu bisa rutin mengonsumsi makanan sehat digadang-gadang sebagai penghilang nyeri.

Mengonsumsi makanan sehat ini dipercaya mencegah kondisi sakit kepala. Mulai dari coklat, keju, makanan asin dan gurih, hingga daging olahan. Berikut 5 makanan penyebab sakit kepala, seperti dilansir Alodokter.

1. Coklat

Coklat (Foto: Pexels/Budgeron Bach)
Coklat (Foto: Pexels/Budgeron Bach)

Meski sering disebut dapat memperbaiki mood, cokelat merupakan makanan penyebab sakit kepala yang paling umum. Studi menyebutkan bahwa kandungan kafein dan beta-phenylethylamine yang terdapat pada coklat dapat memicu timbulnya sakit kepala.

2. Keju

Keju diketahui mengandung tiramin, yaitu zat alami dalam makanan yang bisa memicu sakit kepala. Jenis keju yang mengandung paling banyak tiramin adalah keju yang telah diawetkan lama, seperti keju feta, keju biru, dan keju parmesan.

3. Makanan asin dan gurih

Garam (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)
Garam (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung MSG dapat memicu sakit kepala. Sementara itu, makanan yang mengandung banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala.

4. Makanan dingin

Konsumsi makanan yang terlalu dingin, seperti es batu, kimchi, es krim, atau frozen yoghurt juga dapat memicu sakit kepala, terutama bagi seseorang yang sensitif terhadap perubahan suhu. Makanan dingin biasanya bisa menyebabkan sakit kepala yang lebih berat bila dikonsumsi setelah berolahraga atau saat kepanasan.

5. Daging olahan

Sosis (Foto: Pexels/Mateusz Dach)
Sosis (Foto: Pexels/Mateusz Dach)

Daging olahan, seperti sosis, umumnya mengandung banyak zat pengawet. Salah satu jenis pengawet yang umum digunakan adalah senyawa nitrat yang memiliki efek melebarkan saluran pembuluh darah. Efek ini diketahui dapat memicu timbulnya sakit kepala.

Tak hanya makanan, ada juga beberapa jenis minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala, di antaranya minuman berkafein, minuman beralkohol, serta minuman yang mengandung gula tinggi.

Tag: manfaat makanan makanan sehat resep makanan makanan jaga kesehatan mental

Bagikan: