Sekejap Sembuh, Cara Mudah Meredakan Sakit Gigi Tak Tertahankan

| 28 Jun 2024 12:44
Sekejap Sembuh, Cara Mudah Meredakan Sakit Gigi Tak Tertahankan
Ilustrasi sakit gigi (freepik)

ERA.id - Sakit gigi memang menyusahkan. Segala aktivitas bisa sangat terganggu karena nyeri sakit gigi. Namun bagi Anda yang sedang mengalami sakit gigi, tenang, karena terdapat cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Rasa sakitnya yang menusuk dan berdenyut dapat membuat Anda sulit makan, tidur, bahkan fokus. Untungnya terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan sakit gigi berikut:

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit gigi yang mudah Anda lakukan di rumah:

  1. Berkumur dengan air garam

Banyak orang menganggap berkumur dengan air garam sebagai perawatan pertama sakit gigi yang efektif. Hal tersebut lantaran air garam adalah desinfektan alami yang bisa membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran yang terjebak di antara gigi.

Selain itu, berkumur dengan air garam dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka di mulut. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

  1. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Berkumur dengan hidrogen peroksida juga dapat meredakan nyeri dan peradangan. Hidrogen peroksida bisa membunuh bakteri, mengurangi plak, dan menyembuhkan gusi berdarah.

Pastikan untuk mencairkan hidrogen peroksida dengan benar. Campurkan hidrogen peroksida 3 persen dengan jumlah air yang sama, lalu gunakan sebagai obat kumur dan jangan ditelan.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel dengan tajuk yang sama, berjudul: Jenis Sakit Gigi yang Umum Terjadi

  1. Kompres dingin

Kompres dengan air dingin dapat mengurangi nyeri, terutama jika sakit gigi disebabkan oleh trauma. Ketika mengompres, pembuluh darah di area tersebut akan menyempit dan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Caranya, bungkus es dalam handuk dan tempelkan pada area yang sakit selama 20 menit. Ulangi cara ini setiap beberapa jam.

Kompres dengan air dingin dapat meredakan sakit gigi (freepik)
  1. Bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih dikenal memiliki sifat obat dan antibakteri. Bawang putih bisa membunuh bakteri penyebab plak gigi dan meredakan nyeri.

Caranya dengan menghancurkan satu siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan pada area yang sakit. Anda juga bisa mengunyah perlahan bawang putih segar.

  1. Ekstrak vanili

Ekstrak vanili mengandung alkohol yang bisa membantu mengurangi nyeri. Sifat antioksidan dalam vanili juga membuatnya efektif sebagai penyembuh.

Gunakan ekstrak vanili asli, bukan yang tiruan. Teteskan sedikit ekstrak vanili pada jari atau kapas, lalu oleskan langsung pada area yang sakit beberapa kali sehari.

  1. Cengkeh

Minyak cengkeh bisa mengurangi nyeri dan peradangan karena mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Campurkan minyak cengkeh dengan minyak pembawa seperti minyak bunga matahari atau jojoba. Gunakan perbandingan sekitar 15 tetes minyak cengkeh untuk satu ons minyak pembawa.

Kemudian oleskan sedikit campuran tersebut pada kapas dan aplikasikan pada area yang sakit beberapa kali sehari. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka serta aktivitas antimikroba yang bermanfaat untuk perawatan mulut.

Caranya mudah, kunyahlah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air mendidih untuk dijadikan obat kumur.

Selain cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi