Bukan Cuma Sakit Tenggorokan, Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

| 06 Feb 2022 16:47
Bukan Cuma Sakit Tenggorokan, Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung
Ilustrasi (Iqbal/era.id)

ERA.id - Selain bergejala khas seperti batuk hingga sakit tenggorokan, para ahli menyebut gejala Covid-19 Omicron ringan bisa muncul pada bagian mata dan telinga.

Sebagaimana dilansir dari laman Times Now News, Minggu (6/2/2022), tim pakar di Universitas Stanford menemukan sebagian pasien Covid-19 varian Omicron bisa mengeluhkan sakit telinga seperti telinga berdenging.

Sementara gejala infeksi Omicron pada mata, disebut muncul dalam bentuk konjungtivitis alias peradangan. Ini sesuai dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa hampir 11 persen pasien Covid-19 juga mengalami masalah mata.

Menurut American Academy of Ophthalmology, konjungtivitis bisa disertai dengan gejala seperti mata kemerahan, gatal, mata berair, dan pandangan buram atau terganggu.

Hal ini terjadi karena COVID-19 secara umum merupakan virus yang bisa menyerang banyak sistem tubuh. Virus yang mempengaruhi sistem pernapasan terutama diketahui bisa menimbulkan masalah pada telinga, hidung, dan tenggorokan.

Dokter spesialis mata, Siddharth Bokil menjelaskan hubungan antara virus corona dan kesehatan mata. Penasehat Medis Entod Pharmaceuticals itu menyebut para ahli masih dalam proses mempelajari bagaimana Covid-19 memengaruhi mata.

"Mungkin saja (terjadi), tetapi masih belum dikonfirmasi bahwa konjungtivitis dapat terjadi lebih sering pada pasien rawat inap virus corona," ungkap dr Bokil.

Rekomendasi