Target Vaksinasi April 2022, Kemeneks Butuh 750 Ribu Suntikan Vaksin

| 11 Mar 2022 20:13
Target Vaksinasi April 2022, Kemeneks Butuh 750 Ribu Suntikan Vaksin
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan dibutuhkan laju suntikan minimal 750 ribu per hari untuk memenuhi target vaksinasi lengkap kepada 70 persen seluruh populasi di Indonesia saat momentum Ramadhan pada April 2022.

"Kami telah hitung skenarionya, April 2022 saat Ramadhan, mudik, Idul Fitri, kita bisa bila kita mencapai 70 persen vaksinasi lengkap seluruh populasi," kata Siti Nadia Tarmizi dalam Diskusi RCEE #23 "Pandemi Menuju Endemi: Siapkah Kita?" yang diikuti dari YouTube Internet Sehat di Jakarta, Jumat (11/3/2022) sore.

Nadia mengatakan sejak program vaksinasi COVID-19 bergulir di Indonesia pada 13 Januari 2021, pemerintah telah mengintensifkan laju suntikan vaksinasi rata-rata 1 juta hingga 2 juta suntikan per hari yang disesuaikan dengan ketersediaan vaksin di Tanah Air.

Hingga saat ini, kata Nadia, total 365 juta lebih dosis vaksin telah disuntikkan kepada masyarakat sasaran. Sebanyak 192 juta lebih (92,68 persen) di antaranya merupakan pemberian dosis pertama, 150 juta lebih (72,16 persen) dosis kedua dan 14 juta lebih (6,73 persen) dosis ketiga atau booster dari total masyarakat sasaran berjumlah 208 juta jiwa lebih.

"Bila target 70 persen ingin dicapai pada akhir bulan April 2022, maka laju suntikan dosis kedua harus ditingkatkan menjadi 750 ribu per hari," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Jika capaian vaksinasi dosis kedua kurang dari target harian 750 ribu suntikan per hari, kata Nadia, maka target dosis kedua untuk 70 persen populasi paling lambat dicapai pada Mei 2022.

Nadia mengatakan vaksin tidak 100 persen melindungi masyarakat dari penularan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 sehingga perlu dikombinasikan dengan peningkatan efektivitas proteksi dengan protokol kesehatan.

"Risiko infeksi sama dengan jumlah virus dibagi imunitas. Jadi kalau imunitas tinggi pasti risiko infeksi rendah," katanya.

Nadia menambahkan kebijakan transisi dari Pandemi COVID-19 perlu diterapkan secara bertahap dan disiapkan peta jalan untuk mempersiapkan normalisasi aktivitas masyarakat melalui kebijakan pengendalian COVID-19 dengan target agar tingkat hospitalisasi dan kematian tetap pada level yang rendah.

"Langkah awal di antaranya peningkatan cakupan dosis vaksinasi kedua dan juga booster, peningkatan kapasitas surveilans kasus aktif, testing dan tracing hingga jaminan akan fasilitas respons kesehatan yang mumpuni," katanya.

Semua kebijakan dalam proses transisi saat ini, kata Nadia, tidak dapat dilakukan secara terburu-buru dan hanya mengikuti tren yang ada. "Perlu disiapkan oleh pemerintah dan juga masyarakat mencapai situasi mendekati normal memerlukan pula cara pandang hidup dan kondisi yang baru," katanya.

Rekomendasi