Cegah Ruam Pada Kulit Sensitif Si Kecil dengan Popok Anti Gumpal

| 12 Mar 2022 08:14
Cegah Ruam Pada Kulit Sensitif Si Kecil dengan Popok Anti Gumpal
Ilustrasi bayi (Dok. MAKUKU)

ERA.id - Kulit bayi dikenal sangat sensitif sehingga mudah terkena gangguan kulit dan mudah terluka. Popok yang terlalu tebal dan memiliki bahan yang tidak menyerap cairan optimal akan membuat si kecil tidak nyaman dan meningkatkan risiko bayi terkena ruam popok.

Memahami pentingnya kenyamanan si kecil dan menghindari risiko ruam popok pada kulit bayi, sebuah merek popok berinovasi denganmenghadirkan air diapers dengan teknologi pintar penyerap cairan, anti gumpal, desain tipis, dantetapkering yang akan membuat bayi selalu merasa nyaman dan terhindar dari risiko ruam popok.

dr. S.T. Andreas CristanLeyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak, menjelaskan, bayi memiliki kulit yang 30 persen lebih tipis dan lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa, karena itulah kulit bayi mudah dan lebih cepat kehilangan kelembapan serta rentan terhadap iritasi dan infeksi, seperti ruam popok.

"Ruam popok biasanya berupa gugusan kulit kemerahan yang meradang pada bagian bokong lipatan paha, dan sekitar alat kelamin, serta dapat menimbulkan rasa gatal dan bahkan demam. Jika tidak segera ditangani, ruam popok dapat menyebabkan timbulnya jamur yang menyebabkan gataldan mengganggu kualitas tidur bayi, padahal kita ketahui bersama bahwa tidur merupakan aspek penting untuk perkembangan otak dan kemampuan tubuh dalam memperbaiki sel-sel rusak," kata dr. S.T. Andreas CristanLeyrolf dalam keterangan resmi yang diterima Era.id.

Popok menggumpal adalah penyebab paling sering dari ruam popok yang paling banyak dikeluhkan.

Untuk memastikan kulit sensitif si kecil terhindar dari risiko ruam, berikut tips dalam penggunaan popok:

1.    Pilihlah popok yang berbahan lembut dan mudah menyerap

2.    Pastikan kebersihan kulit bayi sebelum dan sesudah menggunakan popok

3.    Tentukan ukuran popok yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar

4.    Oleskan krim anti ruam sebelum gunakan popok sebagai pelindung yang melapisi  kulit dari gesekan dengan popok

“Rutin mengganti popok setidaknya setiap 4 jam sekali untuk memastikan kebersihan area genital bayi. Popok menggumpal dan jarang diganti sangat tidak direkomendasikan bagi kulit sensitif bayi. Jika kondisi kulit akibat ruam popok semakin parah, Ibudapat memberikan krim anti ruam secara berkala. Apabila dalam dua hari tidak berangsur pulih dan semakin parah seperti radang yang meluas, keluar cairan, atau berdarah, segera konsultasikan ke dokter,” tambah dr. S.T. Andreas CristanLeyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A.

(Dok. MAKUKU)

Novita Utomo, Product Manager MAKUKU Indonesia, mengungkapkan, “Kami memahami kulit bayi yang sensitif yang membuatnya rentan mengalami iritasi serta beragam masalah kulit lainnya, terutama yang disebabkan olehpopok yang mudah menggumpal karena daya serap rendah. Penggumpalan mudah terjadi karena popok menggunakan inti struktur pulp yang menyebabkan penyerapan tidak merata dan membuat popok menjadi tebal dan berat, serta osmosis balik yang menyebabkan cairan urin yang sudahdiserapnaikkepermukaan kulit sehingga berisiko iritasi.

Sebagaipionir popokdenganteknologi inti struktur SAP yang pintar menyerap cairan, MAKUKU mengembangkan MAKUKU Air Diapers dari penelitian intensif untuk mencegah terjadinya osmosis balik, yaitu suatu keadaan dimana air yang telah diserap naik kembali ke permukaan. Teknologi ini menjadikan MAKUKU Air Diapers anti gumpal dan ekstra kering karena cepat menyerap cairan," tutupnya

Rekomendasi