Awas! Konsumsi Kurma Secara Berlebihan, Bisa Menyebabkan Diabetes!

| 04 Apr 2022 22:12
Awas! Konsumsi Kurma Secara Berlebihan, Bisa Menyebabkan Diabetes!
Kurma (Unsplash.com/VD Photography)

ERA.id -Kurma merupakan makanan yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa di bulan suci Ramadan. Meski baik untuk kesehatan, mengonsumsi kurma secara berlebihan nyatanya bisa  menyebabkan berbagai penyakit muncul dalam tubuh.

Dilansir dari Stylecraze.com, Senin (4/4/2022), hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan gula yang cukup tinggi dalam kurma. Inilah beberapa efek samping yang dirasakan jika mengonsumsi kurma berlebihan.

1. Kenaikan berat badan

Kurma merupakan buah yang tinggi akan serat, gula, dan juga kalori. Dengan kandungan tersebut, maka mengonsumsinya secara berlebihan juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup cepat. Ini sebabnya memperhatikan jumlah kurma yang dimakan saat berbuka sangat penting, terutama bagi kamu yang lagi diet.

2. Menyebabkan diabetes

Mengonsumsi kurma secara berlebihan bisa menyebabkan kenaikan gula darah yang berujung pada penyakit diabetes. Diketahui 70 persen berat dari satu buah kurma adalah gula.

Kurma mengandung banyak rasa manis meski hanya dalam satu gigitan saja. Kurma adalah sumber alami fruktosa, jenis gula yang ditemukan dalam buah asli. Ini tentunya akan memberikan efek kenaikan gula darah dan diabetes jika mengonsumi kurma berlebihan, apalagi jika dibarengi dengan mengonsumsi makanan manis lainnya.

3. Masalah pencernaan

Makan buah kurma secara berlebihan juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Ini terjadi karena dalam kurma mengandung sulfit yang bisa mempengaruhi penceranaan bagi orang tertentu.

Sulfit adalah senyawa kimia yang ditambahkan ke buah kering untuk mengawetkannya dan bahkan menghilangkan bakteri berbahaya. Orang yang sensitif akan sulfit bisa mengalami sakit perut, kembung, hingga diare.

Tak hanya itu, serat tinggi yang terkadang dalam kurma juga tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Lonjakan mendadak serat dalam perut bisa menyebabkan sembelit dan kembung.

Sementara itu, diketahui mengonsumi kurma yang baik hanyalah 5 sampai 7 buah per hari untuk orang yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Bagi orang yang menderita diabetes, jumlah kurma yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah 2 sampai 3 buah, dan juga dibarengi dengan makan makanan sehat lainnya.

Tags : kurma ramadan
Rekomendasi