Demi Tubuh Fit dan Bugar, Tips Tetap Olahraga Saat Puasa Ala Atlet Sepeda

| 08 Apr 2022 11:05
Demi Tubuh Fit dan Bugar, Tips Tetap Olahraga Saat Puasa Ala Atlet Sepeda
Jogging (Foto: Pexel/RUN 4 FFWPU)

ERA.id - Saat berpuasa, menerapkan gaya hidup sehat dan fit sangatlah penting. Namun, banyak yang tak mengetahui bahwa detoksifikasi saat puasa tidak akan maksimal tanpa diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat.

Olahraga membawa pengaruh positif pada tubuh. Sebab, hal ini  untuk menjaga tubuh tetap fit, sehat, dan bugar. Sangat penting tetap aktif bergerak saat menjalani ibadah puasa. Lantas bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadan?

Atlet sepeda dari komunitas Selari, Irham Syakur membeberkan tips tetap fit saat berolahraga di bulan puasa. Menurutnya, yang paling utama adalah menjaga kesehatan tubuh saat sedang berpuasa.

"Yang penting tetap menjaga kesehatan fit lagi puasa dan dimasa pandemi. Kita ingin jadi bagian dari sport teman-teman sepeda kenapa nggak," ujar Irham Syakur, saat ditemui di acara press conference Kuningan City Ramadan Kareem 2022 di Kuningan City, Main Stage - Ground Floor pada Kamis (7/4/2022).

Lebih lanjut, Irham Syakur kerap lari sebanyak 3 kali seminggu. Menurutnya, pemilihan tempat untuk lari sangat penting. Salah satu lokasi yang kerap dijadikan tempat lari di tanjakan 13 Kuningan City karena memiliki pemandangan cantik.

"Persiapan dengan pemanasan, dari lari seminggu 3 kali lari bareng. Memang terbiasa lari bareng. Sekarang ada tempat lari yang memadai, kenapa nggak lari bersama," paparnya.

Selain itu, Irham Syakur mengatakan dirinya kerap mengonsumsi makanan sehat. Seperti, mengurangi minyak, gula, maupun santan. Selain itu, Irham selalu minum multivitamin dibulan puasa ini.

"Sebisa mungkin harus memilih makanan sehat, dikurangi minyak, gulanya, santannya, minuman wajib multivitamin. Apa ada yang terbiasa, kalau saya sahur (minum multivitamin)," ucapnya.

"Lebih bisa memilih makanan sehat, bukan berarti yang bersinergi. Boleh berminyak tapi tak berlebihan. Yg penting makanan itu bersih. Apalagi di bulan ramadan diliat seratnya." lanjutnya.

Rekomendasi