Tips Olahraga Saat Puasa, Perhatikan Jenis hingga Waktunya

| 20 Mar 2024 10:46
Tips Olahraga Saat Puasa, Perhatikan Jenis hingga Waktunya
Olahraga saat puasa (Pexel/Ketut Subiyanto)

ERA.id -

Meskipun sedang puasa, olahraga tetap dianjurkan untuk dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, olahraga saat puasa memang harus sangat diperhatikan, karena jika dilakukan dengan sembarangan akan mengganggu jalannya puasa.

Founder Infinite Fit Camp sekaligus trainer, FX Mario mengatakan bahwa waktu yang dipilih untuk olahraga saat puasa penting diperhatikan. Ia mengatakan ada tiga waktu olahraga yang bisa dipilih saat bulan Ramadan.

Waktunya adalah sebelum atau sesudah berbuka, serta sesudah sahur. Namun, jika ingin olahraga sesudah sahur harus sudah memastikan bahwa tubuh dalam keadaan bugar dan sudah terbiasa berpuasa.

"Bagi yang memilih untuk berolahraga sesudah sahur, bisa dilakukan saat Anda sudah terbiasa berpuasa dan fit sehingga tidak mengganggu aktivitas di sepanjang hari," kata FX Mario pada keterangan resmi Fisik Sport.

Untuk jenis olahraga yang dilakukan saat berpuasa disarankan yang ringan. Seperti jalan santai atau angkat beban dengan pengurangan berat dan penambahan repetisi.

Jika ingin melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, FX Mario menyarankan untuk dilakukannya satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Meski demikian, harus dipastikan juga olahraga yang dilakukan di malam hari tersebut tidak mengganggu jam tidur.

"Namun, harus diperhatikan agar olahraga di malam hari tersebut tidak mengganggu siklus tidur, karena istirahat cukup lebih penting daripada memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat," jelasnya.

Rekomendasi