4 Khasiat Yogurt bagi Tubuh untuk Orang-orang yang Berpuasa

| 28 Apr 2022 18:23
4 Khasiat Yogurt bagi Tubuh untuk Orang-orang yang Berpuasa
Ilustrasi yogurt (Unsplash)

ERA.id - Yogurt, minuman asam-segar hasil produk olahan susu dengan bakteri sehat probiotik ini semakin populer sebagai alternatif minuman sehat dengan variasi rasa buah yang menyegarkan. Bukan hanya cocok untuk melepaskan dahaga saat berbuka, yogurt dengan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin juga punya banyak khasiat yang baik agar tubuh tetap fit saat berpuasa di bulan Ramadan.

Berikut manfaat minuman yogurt untuk tubuh saat berpuasa, dikutip dari siaran resmi The Moo.

1. Bakteri sehat untuk pencernaan sebagai penawar makan kalap

Pernahkah Anda berbuka puasa dengan beragam jenis menu hingga perut terasa begah? Tak bisa dipungkiri, sangat mudah untuk kalap mencicipi suguhan menu berbuka setelah seharian berpuasa. Namun, cara makan tersebut berpotensi membuat perut tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Yogurt dengan bakteri probiotik sangat bermanfaat untuk menenangkan kondisi perut serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik agar saluran pencernaan tetap berjalan dengan normal. Agar bebas begah, Anda bisa variasikan makanan berat dan ringan saat berbuka dengan yogurt sebagai pelengkap.

Ilustrasi yogurt (Unsplash)

2. Kandungan protein dan kalsium pelengkap nutrisi saat berpuasa

Meski ada perubahan pola makan di bulan puasa, namun bukan berarti asupan nutrisi jadi tidak terkendali. Minuman yogurt yang mengandung dosis protein dan kalsium bisa menjadi jawaban untuk melengkapi asupan nutrisi.

3. Jaga kondisi dan kekebalan tubuh

Berpuasa di tengah pandemi tentu memiliki tantangannya tersendiri. Salah satu cara agar puasa tetap nyaman adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata kadar probiotik dalam minuman yogurt dapat membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika dikonsumsi secara rutin, kandungan probiotik yang ada pada minuman yogurt mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari bahaya tertular penyakit.

Selain mengonsumsi yogurt secara rutin, jangan lupa untuk mengatur pola makan, membangun rutinitas tidur yang teratur, dan berolahraga secara ringan

4. Menghidrasi tubuh dan menjaga kelembaban kulit

Setiap harinya, tubuh memiliki kebutuhan air yang perlu dipenuhi agar terhindar dari dehidrasi. Aktivitas berpuasa mengharuskan kita untuk memenuhi kebutuhan air yang bisa dilakukan mulai dari waktu berbuka hingga waktu sahur lagi.

Sehingga, konsumsi air harus dilakukan secara efektif dan efisien mengingat adanya waktu yang terbatas agar tubuh tetap terhidrasi. Selain air mineral, Anda bisa mengonsumsi minuman yogurt yang mengandung kadar air tinggi dan bergizi untuk menghindari perut kembung. Selain dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, minuman yogurt pun dapat melembabkan kulit yang rentan kering di kala puasa. Demikian dirangkum dari Antara.

Rekomendasi