Alami Alergi Hingga Kelaninan Bawaan Usai Melahirkan Anak Pertama, Halsey Ungkap Masalah Kesehatannya

Tim Editor

Halsey (instagram/iamhalsey)

ERA.id - Penyanyi Halsey mengungkap dirinya mengalami masalah kesehatan usai melahirkan anak pertamanya. Halsey didiagnosis dengan banyak penyakit mulai dari alergi hingga kelainan bawaan.

Pelantun "Without Me" itu membagikan sebuah video di laman Instagram Story-nya terkait kondisi kesehatan yang mulai menurun. Halsey mengaku kondisi kesehatannya memburuk pasca melahirkan anaknya bersama Alev Aydin.

"Jadi, saya tahu bahwa banyak dari kalian bertanya-tanya apa yang terjadi dengan kesehatan saya, dan beberapa dari Anda melihat TikTok kemarin pada dasarnya mengkonfirmasi bahwa saya alergi terhadap segalanya," kata Halsey dikutip People, Rabu (11/5/2022).


"Jelas kesehatan saya telah banyak berubah sejak saya hamil dan melahirkan. Saya mulai benar-benar sakit," tambahnya.


Sejak merasa ada keanehan pada tubuhnya, Halsey pun memutuskan untuk ke rumah sakit dan memeriksakan kondisinya. Dari hasil pemeriksaan itu, dia didiagnosis dengan sindrom Ehlers-Danlos Sjogren sindrom, Mast Cell Activation Syndrome (MCAS), POTS (postural orthostatic tachycardia syndrome).

Menurut Mayo Clinic, sindrom Ehlers-Danlos adalah sebuah kelainan bawaan yang memengaruhi jaringan ikat tubuh, termasuk kulit, persendian, dan pembuluh darah. Sedangkan sindrom Sjogren tergolong gangguan autoimun, menyerang kelenjar yang membuat air mata dan air liur, dan bisa merusak bagian tubuh lainnya termasuk persendian, tiroid, ginjal, hati, dan lainnya.

"Saya dirawat di rumah sakit karena anafilaksis beberapa kali dan mengalami beberapa hal lain. Pada dasarnya, setelah mengunjungi 100.000 dokter," ungkapnya.

Sementara MCAS adalah suatu kondisi di mana sel mast dalam tubuh melepaskan terlalu banyak zat yang menyebabkan gejala alergi. Sindrom POTS sendiri adalah kondisi yang mempengaruhi aliran darah dan dapat menyebabkan pusing, detak jantung yang cepat, bahkan bisa menyebabkan pingsan saat berdiri.

Menurut pengakuan Halsey, deretan diagnosis tersebut bisa berpotensi menjadi penyakit autoimun lainnya. Bahkan kondisi Halsey yang sudah memiliki autoimun diperburuk pasca melahirkan.

"Ini bisa berpotensi menjadi penyakit autoimun lain, dan saya tahu saya memiliki masalah autoimun selama sebagian besar hidup saya, terutama memiliki endometriosis, tetapi itu semakin memburuk sejak saya memiliki Ender," jelas peraih tiga nominasi Grammy Awards itu.

Meski kondisinya tidak cukup baik dan cukup mengkhawatirkan, wanita kelahiran 29 September 1994 itu meminta agar para penggemarnya tidak khawatir. Dia berjanji akan menjalani perawatan sesuai rencana dan memastikan tur dari konsernya tetap berjalan sesuai rencana.

"Saya memiliki banyak kecemasan, dan saya memiliki banyak energi, dan saya memiliki banyak kebingungan yang ingin saya keluarkan di panggung itu. Dan mudah-mudahan, saya telah membangun pertunjukan yang benar-benar mencerminkan hal itu dan dapat menjadi tempat katarsis bagi Anda untuk melepaskan ketegangan," tutupnya.

Halsey akan memulai tur "Love and Power" minggu depan, tepatnya pada 17 Mei mendatang, di West Palm Beach, Florida, dengan tanggal yang dijadwalkan hingga 9 Juli di Irvine, California.

Sementara dia melahirkan putranya bernama Ender Ridley Aydin pada Juli 2021 dan mengumumkannya lewat Instagram.

Tag: Halsey kondisi kesehatan halsey halsey autoimun

Bagikan: