Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome, Penyakit yang Diderita Justin Bieber?

| 11 Jun 2022 19:00
Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome, Penyakit yang Diderita Justin Bieber?
Justin Bieber (Instagram/justinbieber)

ERA.id - Justin Bieber membatalkan sejumlah konsernya karena menderita penyakit Ramsay Hunt Syndrome. Penyakit itu membuat saraf di sekitar wajahnya tak berfungsi alias lumpuh. Tak cuma itu, pendengarannya juga terganggu.

Ramsay Hunt Syndrome ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menjerat siapa saja. Untuk itu, mari mengenal Ramsay Hunt Syndrome lebih dalam agar tahu penyebab dan gejalanya.

1. Apa itu Ramsay Hunt Syndrome

Ramsay Hunt Syndrome (Unsplash.com/cdc)

Dilansir dari Mayoclinic, Ramsay Hunt Syndrome adalah sekelompok gejala pada tubuh, seperti kelumpuhan pada wajah yang diakibatkan komplikasi herpes zoster atau cacar api. Kondisi ini terjadi ketika seseorang telah sembuh dari cacar air, tapi tetap terserang virus yang sama, yaitu varicella-zoster.

Ramsay Hunt Syndrome banyak dijumpai oleh pasien dewasa yang hampir sama jumlahnya, baik perempuan maupun laki-laki. Meski demikian, ada juga beberapa kasus yang jarang ditemukan, sindrom ini dialami oleh anak-anak.

2. Gejala yang ditimbulkan

Menurut Mayoclinic, terdapat dua gejala utama yang ditimbulkan oleh Ramsay Hunt Syndrome. Gejala pertama adalah ruam kemerahan yang terasa sakit dengan bintil berisi cairan, yang berada di sekitar telinga. Gejala kedua adalah kondisi lumpuh pada bagian wajah, yang terdapat ruam.

Selain dua gejala utama, sindrom ini juga menimbulkan gejala lainnya yang dinilai cukup menyulitkan penderitanya. Mulai dari sakit telinga, pendengaran memburuk, kesulitan menutup salah satu mata, vertigo, kehilangan kemampuan mengecap makanan, mulut serta mata yang kering.

3. Penyebab Ramsay Hunt Syndrome

Penyebab utama sindrom ini adalah infeksi virus yang penyebabnya sama dengan cacar air dan cacar api, yakni varicella-zoster. Virus ini menginfeksi saraf wajah di dekat telinga bagian dalam.

Diketahui, seseorang yang sudah terkena cacar dan sembuh masih kemungkinan memiliki virus tersisa di saraf dalamnya. Namun, virus tersebut memasuki fase tertidur, di mana bisa saja aktif kembali yang menyebabkan penderitanya mengalami gejala Ramsay Hunt Syndrome.

4. Pengobatan

Pengobatan utama Ramsay Hunt Syndrome adalah dengan berkonsultasi pada dokter. Jika sudah mengalami gejala yang dijelaskan di atas, sebaiknya langsung mengunjungi dokter sebelum menjadi lebih parah.

Pengobatan yang terlambat dapat menyebabkan kehilangan pendengaran permanen, kelumpuhan wajah permanen, hingga kerusakan mata. Pengobatan yang tersedia untuk mengatasi Ramsay Hunt Syndrome ada beberapa macam berdasarkan diagnosis dokter, mulai dari mengonsumsi obat antivirus, kortikosteroid, hingga mendapatkan vaksin.

Rekomendasi